Jumat, 03 Agustus 2012

Catatan Harian


9 Mei sampai dengan 11 Mei 2012

Berangkat pukul enam pagi bersama Echa dan Alim dari Dramaga menuju Stasiun Bogor. Aku dan temanku berangkat lebih awal supaya kereta yang kita tumpangi nanti masih ada bangku kosong untuk kita duduki. Teman satu lagi namanya Sinta sudah menunggu di stasiun. Kami berempat ke Jakarta Convention Center untuk mengikuti acara ICEPO 2012. Ada yang tahu kah apa itu ICEPO? Emmh sepertinya harus aku jelasin dulu. ICEPO singkatan dari International Conference & Exhibition Palm Oil. Menurut Wakil pertanian Bapak Risman Heriawan yang kemarin hadir bahwa acara ini tidak hanya membahas soal tudingan industri kelapa sawit dalam negeri saja akan tetapi pengembangan industri sawit yang berkelanjutan sekaligus memperlihatkan pada dunia keseriusan BANGSA kita dalam memperhatikan unsur lingkungan dan kontribusai sawit terhadap peningkatkan perkonomian.

Ini pengalaman pertamaku mengikuti acara yang luar biasa. Aku mendapatkan pengetahuan dan pengalaman baru. Dosenku yang mengajar di IPB khususnya Teknologi Industri Pertanian hadir dalam acara ini, salah duanya ada Bapak Prof. Endang Gumbira Sa’id dan Ibu Prof. Ani Suryani. Aku dan teman-temanku free mengikuti acara ini karena kami termasuk anggota MAKSI. Alhamdulillah sesuatu. Oya nama tema besar acara ini adalah tema Industri Kelapa Sawit Untuk Bumi dan Kesejahteraan.Palm Oil Industry For Planet & Prosperity. Karena acaranya international maka pembicaranya pun dari luar negeri. Aku masih banyak yang belum mengertinya dibanding pahamnya. Hikss...hikss.

Pada saat coffe break. Menu yang disediakan sangat enak. Aku mengambil minum teh saja yang menjadi kebiasaan orang Indonesia dan kue yang disedikan sangat enak dan membuat aku ingin tambah lagi dan tambah lagi. Tapi aku malu mau ngambil laginya. Hikss..

10 Mei 2012

Karena aku ingin melihat acara selanjutnya, maka aku berangkat lagi dari Bogor, Alhamdulillah jadwalku bisa diatur sedemikan rupa hingga acara ini bisa aku ikutin. Acaranya sama persis dengan kemarin. Seminar kemudian dilanjutkan dengan diskusi. Oya acara ini juga terdapat beberapa pameran dari perusahaan terkait dengan tema acara ini. Aku dapat hadiah dari Bakrie Sumatera Foundation.

11 Mei 2012

Selepas acara aku pulang bareng dengan Mbak Yeyen dan Mbak Febri dan dosen TIN.

5-9 Juni 2012

Di LSI. Ngerjain tugas banyak banget, aku stres Green.

12-18 Juni 2012

Fokus belajar dan UAS semester 2

20 Juni 2012

Berdiskusi bareng dengan Pak Egum. Ri2n dapat pencerahan lagi untuk bahan penelitian bersama anak bimbingan lainnya. Echa, Pak Sarono, Ka Fahmi, dan Bapak satu lagi aku belum mengenalnya. Di departemen yang cerah.

24 Juni 2012

Liqo di Rumah Allah bersama saudara-saudaraqu tercinta, aku tercengang saat masuk dan mengucapkan salam ternyata ada ikhwan ganteng, siapakah dia. Kalau anda bertemu dengannya pasti langsung jatuh hati, dia adalah Fatih.

25 Juni 2012

Di SBRC tadi siang membahas buku green jetfuel yang hadir hanya beberapa saja, karena yang lain sudah pulang kampung. Aku ingin pulang. Hiks..Hiks...tapi rencanya besok mau kerumah teh Diah dan A’Andi yang di Depok sekalian melihat dede bayinya yang baru-baru kemarin lahiran. Kangen juga dengan Isabel.

27 Juni 2012

Alhamdulillah usai mengedit buku tugas bioenergi, aku siap2 packing untuk pulang ke rumah, orang rumah sudah menanti kedatanganku. Aku juga tak lupa membawa “ Brownies” pesanan orang rumah. Enak rasanya.

Sepanjang perjalanan di dalam gerbong aku mengobrol asyik dengan ibu yang bekerja sebagai pengusaha. Emhh dapat pengalaman yang sangat. Jadi interest jadi pengusaha. Menjelang Magrib aku mampir di kampus Untirta, menunaikan solat. Lalu berbincang dengan adik tingkat, sekedar menanyakan kabar dan aktivitas di kampus. Selepas itu aku pulang bersama primajasa menuju Cilegon.

Sesampai di Cilegon, aku sedih mengapa Cilegon tak berubah kondisinya, masih sama seperti dulu penuh dengan debu yang berterbangan dan jalanan yang sangat parah rusaknya, aku jengah dengan kondisi ini. Aku lebih suka tinggal di kota impianku, Bogor. Kota yang indah penuh dengan nuansa islaminya dan sejuk walau panas tapi tak berdebu.

28 Juni 2012

Di rumah sibuk membereskan kamarku yang tidak terawat selama satu bulan. Maklumlah jarang ditempati jadi seperti ini deh berantakan dan cukup berdebu. Menyuci, menyetrika, menyapu halaman.

30 Juni 2012

Sabtu siang aku ke rumah dewi yang ada di Malingping bersama calon pengantin Ka Eri, kakak-adiknya, Rini, dan Linda. Selama perjalanan begitu indah pemandangan, akan tetapi ada beberapa jalanan yang rusak dan penuh berkelok-kelok.

1 JuLi 2012

Nginep di Malingping serasa seperti di kampung halaman Papahku yang ada ada di desa Jatingarang Kutoarjo-Jawa Tengah. Menemani Dewi yang hendak walimah besok dengan Ka Eri kakak tingkatku di Faperta Untirta. Semoga lancar dan menjadi keluarga samara.

2 JuLi 2012

Hari yang paling bahagia untuk sahabatku Dewi, semoga menjadi keluarga yang samara (sakinah, mawadah, dan waromah), aamiin, semoga aku pun menyusulmu dewi. Usai pulang aku bareng Juang, Teh Lia, Ifat, Linda, dan bersama ikhwan juga (Dadang, Luthfi, Ihya, Opan). Ramenya minta ampun bareng mereka selama perjalanan. Malemnya aku melepas rindu dengan dua sahabatku di Tras (Icha, dan Sari) di tempat Bakso samping kampus Untirta.

3 Juli-14 Juli 2012

Belajar jadi calon istri yang soleha dan Ibu Rumah Tangga yang baik. Hehe..

14 Juli 2012

Menghadiri sahabat di Cikande yang hendak di khitbah dengan seorang ikhwan, dan keduanya sudah saling kenal, karena beliau sama2 dalam satu kampus UNTIRTA. Semoga menuju gerbang pernikahan Allah memberikan kemudahan dan kelancarannya untuk sahabatku. Aamiin Ya Robbal’alamin.

Cemburu lagi Green. Hikss

15-16 Juli 2012

Aku dan Bulekku berangkat ke Jawa dengan menggunakan bus sumber alam. BT menunggu bus tak kunjung datang2, aku dan bulek menunggu di Serdang tempat agen sumber alam. Rindu berat. Ke kampung halaman Papah karena sudah lama aku belum menengok embahku yang ada di Jawa tepatnya Kutoarjo-Jawa Tengah. Sembari mengenang akhirnya pukul setengah empat sumber alam siap melaju. Dengan Bissmillah waktu liburanku untuk bertemu dan saudara di Jawa akan segera tertunaikan juga.

Sepanjang perjalanan dari Cilegon ke Jawa kurang lebih 13 Jam. Cukup jauh memang dan melelahkan, namun ketika sudah bertemu dengan embah rasanya cape itu hilang, Hmm.

Tiba di Kotoarjo subuh, dan sorenya aku langsung ke Jogja mengantar embah yang sedang sakit karena mendapatkan rujukan untuk diopname di RS. Beteshda Jogja.

Di Jogja aku menemani embah, lalu istirahat di rumah Mbak Yayu yang dekat dari rumah sakit dan kampus UGM.

17 Juli 2012

Masih sama seperti kemarin kondisi embah yang belum fit dan terlihat sangat lemas, dan aku tidak tega meninggalkan embah sendirian di rumah sakit. Aku bulek, dan pakde menemanin embah secara bergantian.

18 Juli 2012

Kondisi embah agak membaik, aku dan mbak Yayu jalan2 di sekitar kampus UGM dan tidak berjauhan dengan rumah sakit. Sesampai di Kampus UGM kami bernasis-nasis dengan mengabadikannya di taman Masjid UGM dan sekitar pemandangan indah yang ada di Kampus.

19 Juli 2012

Aku dan Mbak yayu jalan-jalan ke Malioboro dan Kraton Jogja, dan sekitarnya dengan bus Trans Jogja.

Sayangnya diriku ga ada uang banyak, jadi hanya ngiler melihat orang-orang berbelanja.

20 Juli 2012

Saudara Papah kebanyakan ada di kota ini maka liburan kali ini aku manfaatin untuk silaturahim.. Senangnya tinggal di Jawa. Suasana yang masih asri dan jauh dari bisingnya kendaraan bermotor, mobil, pabrik, mall, dan-lainnya pokonya nyaman deh...beda jauh dengan kota Cilegon yang penuh debu dan ramai.

21 Juli 2012

Bertemu dengan anaknya Mas Budi : Iman yang dulu gemesin sekarang sudah besar dan masuk TK Islam, nambah gantengnya, Koko masih seperti dulu yang pendiem dan agak kurusan, kata ibue makannya rada susah. Kemudian anaknya Mas Priyadi: Vian yang sedikit bandel suka ngecengin aku, hehe (masih kecil) umurnya lima tahun baru masuk TK dan Ajeng yang mirip banget dengan ibunya. Mbak Prih: Vivi dan Dinda yang kalem seperti aku, hehe, dan Aku betah sama mereka.

Saking kangennya Bude sama aku, aku di jadwal tempat nginap tidurku. Malam ini menginap di tempat Bude Katinem, esok malemnya menginap di Bude Par, dan Bude Mannisa. Weleh-weleh seperti kupu-kupu aja terbang sana-sini.

Malam tarawih aku masih di Jatingarang bersama Bude Mannisa, solat tarawih di Mushola terdekat. Dab malem itu juga. Budeku kehilangan sendalnya, kasihan Bude...padahal baru pertama solat tarawih sudah kehilangan sendal.. kasian budeku. Hikss..Hikss...

Dan masih banyak kenangan yang Tak terlupakan saat liburan dikampung halaman Papahku di Jawa Tengah- Kutoarjo.

Insya Allah nanti akan aku buat cerita pendeknya selama aku liburan di Kutoarjo-Jogja dengan kereta Kereta Rel Diesel (KRD) Prambanan Ekspres (Prameks)

25 Juli 2012

Silaturahim ke rumah ade tingkatku Annisa Sofia Wardah di Rangkasbitung, sebetulnya sudah lama direncanakan untuk kerumah tapi baru kesampean sekarang, maklumlah adeku yang satu ini aktivis di kampusnya, sehingga jarang pulang-pulang. Selain silaturahim, aku menyempatkan waktuku untuk berkunjung ke Perkebunan Kelapa Sawit yang tidak jauh dari kediaman Annis yang biasa di sapa teman2nya, Usai membereskan rumah kami berangkat pukul sembilanan menuju Cisalak Baru dengan sekali angkot biru. Hanya lima belas menit kurang lebih kami sampai di tempat kebun sawit.

Berbincang-bincang dengan petugas satpam, petani dan kantornya. Ada beberapa informasi penting yang dapat saya save untuk dijadikan bahan penelitian nanti.

Nggak lama kemudian Annis bilang “ Teh, Ibnu nanti mau ke sini,”

Akhirnya kita datang ke rumah ade tingkatku yang kebetulan Bapaknya tinggal di daerah sana, dan kami berbincang di rumah Ibnu ade tingkatku di jurusan yang sama saat aku S1 dulu dan teman SMA Annis.

26 Juli 2012

Di rumah ,asyik bercanda dengan adik kandung tercinta.

27 Juli 2012

Came back to Bogor, karena keesokannya ada pelatihan GLP bukan GPL yah. Apa itu GLP? GLP adalah Good Laboratory Practice

28 Juli 2012

Pelatihan GLP di Ruang Markisa PAU lantai 2, alhamdulillahnya ada Mba Sisi dan Mba Ninna yang hadir juga, sorenya silaturahim ke rumah Ibu Riana yang sedang mengabil S3 di TEP IPB.

29 Juli 2012

Halaqoh di Rumah Allah dekat dari kosan dan kampus IPB, sudah 2 pekan aku tidak halaqoh karena liburan di Jawa dan di Rumah. Kini bertemu lagi dengan saudara tercinta.

Sore harinya kami mengadakan lomba ngaji dan mewarnai di Bimbel Ceria Sinar Sari serta ada santunan anak Yatim dengan jumlah 22 orang serta taujih dari ustadz DPC Bogor.

1 Agustus 2012

Diskusi dengan Pak Egum bersama Echa, siangnya ke SBRC ada pembicaraan menarik jika dilewatkan bersama Bapak Hubert.

Tidak ada komentar: