Jumat, 14 Juni 2013

Cerita Bisnis Aja Deh

Untuk mengurangi rasa ngantuk setelah membaca sebuah jurnal terkait dengan penelitian saya, saya mencoba menulis, tapi bingung mau nulis apa coba, nggak ada ide sama sekali. Ayo kawan bantu saya untuk memunculkan ide, supaya cerita ini mengalir dengan indah dan jelas.

Oya saya ingin cerita tentang bisnis saya saja deh, saya rasa saya belum pernah cerita tentang pengalaman bisnis saya di blog cantik saya ini, hmm ^__^. Oke langsung aja yahh, nggak usah berbelat-belit. Bissmillah dulu yahh kawan.

Sewaktu saya S1 dulu di kampus UNTIRTA, satu-satunya kampus negeri terfavorite yang ada di Banten. Alhamdulillah saya sudah belajar berbisnis kawan, bisnis apakah itu? Bisnis pertama saya adalah menjual aksesoris jilbab seperti bross, manset, kerudung, pokonya kebutuhan muslimah gitu dehh. Alhamdulillah saat itu saya senang banget karena dagangan saya laku abis, sehingga bisnis ini pun berjalan hingga saya semester empat. Lalu semester berikutnya bisnis yang saya jalankan lagi adalah D-FAST (Delivery Breakfast) alhamdulillah bisnis ini dapat dana dari DIKTI dengan jumlah Rp 6 juta, wooww. Namun sayangnya bisnis ini juga nggak bertahan lama padahal D-Fast ini sudah cukup terkenal loh dikalangan mahasiswa UNTIRTA, apalagi yang sudah menjadi pelanggan D-FAST untuk beli sarapan pagi, karena kesibukan dari tim kami sehingga tidak memungkinkan untuk dilanjutkan lagi dan saya pun tidak bisa memaksakannya. Hiks..hikss.

Berhenti dari D-FAST saya dan teman saya membuka usaha lagi yaitu menerima pesanan permen atau kue cokelat, sebenarnya usaha ini target untuk lebaran karena biasanya banyak kan yang beli kue-kue gitu, tapi yang kami jual disini sebatas cokelat saja tapi divariasikan bentuk dan rasanya. Lumayan juga sudah ada yang order, lagi-lagi karena waktu kita nggak match jadi bubar deh bisnis ini, sedihnya. Oya nama bisnis cokelat ini adalah RIASCA diambil dari nama kita dari “Ririn, Aesha, dan Ica” haha maksa banget dehh.

Usai bubar dari RIASCA saya punya usaha lagi kawan, usahanya katering gitu, ini usaha bareng sama sahabat liqoan nama bisnis kita LUCIA (Lingkaran Ukhuwah Ceria), pokonya seru dehh, kita masak bareng disalah satu kosan sahabat saya, pokonya seru...seru.. banyak kenangan lucunya deh, hihi. Alhamdulillah ketika ada event-event di kampus katering kita ini dipercaya loh. Senengnya.

Lagi-lagi usaha yang saya jalani ini hanya sebentar aja, nggak ada yang istiqomah.  Karena kita sudah sibuk masing-masing dan saya ketika itu pun sudah lulus dan sibuk apply kerjaan, so jarang lagi ke kampus. Alhamdulillah semasa menunggu panggilan lamaran kerja saya menjual rok batik, tapi ini juga nggak bertahan lama kawan, hanya sebentar aja. Hehe.

Dan pada akhirnya ketika saya diterima S2 di IPB alhamdulillah saya ingin mulai bisnis lagi, tapi ketika itu bingung bisnis apa coba, semua sudah dirasakan, tapi kali ini saya pengen berbisnis yang beda dari yang sebelumnya lebih keren dikit gitu. Tapi apa..apa dan apa, masih tanda tanya dalam diri pribadi saya.

Alhamdulillah, pada waktu yang indah saya dipertemukan dengan saudara baru dari Lombok, NTB namanya Puput usai mengikuti diskusi yang diadakan MITI ketika itu, saya jadi nyambung dengan beliau karena kita sama-sama senang berbisnis juga, alhamdulillah akibat dari silaturahim yang tak disangka hingga akhirnya saya menekuni bisnis ini yaitu “Aksesoris Mutiara Lombok” inilah mulanya saya berbisnis “Aksesoris Mutiara Lombok”.

Yupz, bisnis ini memang berbeda dengan bisnis saya sebelumnya, yah kan, saya cuma memanfaatkan teknologi yang ada seperti facebook, blog, dan twitter saja, alhamdulillah barang dagangan saya mutiara cukup laku dikalangan ibu-ibu dan mahasiswa. InsyaAllah semoga bisnis ini tetap bertahan dan memberikan manfaat buat saya pribadi, keluarga dan orang lain. Aamiin.

Oya sedikit motivasi saya untuk tetap berbisnis adalah:

Bisnis itu adalah pekerjaan yang mulia. Dalam sebuah hadits diriwayatkan:
Dari Hani’ bin Nayar bin Amru ra berkata, bahwa Nabi Muhammad SAW ditanya mengenai pekerjaan yang paling mulia. Beliau menjawab, ‘Jual beli (bisnis) yang mabrur (sesuai syariat dan tidak mengandung unsur tipuan dan dosa) dan pekerjaan yang dilakukan seseorang dengan kedua tangannya.” (HR. Ahmad.

Bisnis mendatangkan keberkahan dari Allah SWT. Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda :
Dari Hakim bin Hizam ra, dari Nabi Muhammad SAW bersabda; “Penjual dan pembeli keduanya bebas memilih selagi keduanya belum berpisah. Maka jika keduanya jujur dan saling menjelaskan dengan benar, maka akan diberkahi pada bisnis keduanya. Namun jika menyembunyikan cacat dan dusta, maka terhapuslah keberkahan jual beli tersebut. (HR. Bukhari – Muslim).

Pelaku bisnis yang jujur dan amanah akan dikumpulkan kelak di akhirat bersama para nabi, shiddiqin dan syuhada’. Sedang mereka semua di akhirat tidak memiliki tempat melainkan di surga. Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda :
Dari Abu Sa’id ra, dari Nabi Muhammad SAW bersabda, “Seorang pebisnis yang jujur lagi amanah, maka ia akan bersama para nabi, shiddiqin dan syuhada’. (HR. Turmudzi).

Dalam beberapa kitab sirah nabawiyah bahkan digambarkan bahwa masyarakat Mekah tidak dianggap sebagai orang yang terhormat dan memiliki “mahabah’ (baca ; kewibawaan), kecuali jika ia merupakan seorang pebisnis.
Banyak ulama yang mengatakan, bahwa orang yang berbisnis lebih dapat mengatur waktu dan kehidupannya secara baik. Seperti lebih dapat meluangkan waktu untuk berda’wah, mengarahkan umat dan sebagainya. Oleh karenanya tidak heran jika ulama-ulama besar umat ini, mereka juga adalah pengusaha besar. Sebut saja nama Imam Malik, Imam Al-Khattabi dsb.
Kemudian kisah Bunda Khodijah dan Rasulullah SAW beliau juga adalah pembisnis sukses, tidak hanya berdakwah saja yang sukses tapi bisnis yang beliau kerjakan pun mendatangkan keuntungan buat orang banyak. Subhanallah yahh.

Doakan saya yahh kawan semoga bisnis saya ini BERKAH dan tetep semangat dan sukses. Aamiin  ^__^

Oya sedikit ingin mendeskripsikan bisnis “Aksesoris Mutiara Lombok”  alhamdulillah bisnis yang saya jalankan ini tidak memerlukan modal/uang yang pada umumnya karena saya menjualnya secara online memanfaatkan teknologi saja, jadi kalo ada yang berminat untuk beli atau order tinggal dikomentar aja gambar/foto yang ada di FB saya Alzena Valdis Rahayu  pesanan yang ada akan saya list, jika memang ada stoknya nanti akan saya beritahukan kembali. Jadi barang akan diterima konsumen setelah membayarnya. Oya barang yang tersedia diantaranya ada: gelang, cincin, kalung & liontin, anting & giwang, bross/peniti jilbab, tali tasbih mutiara, jam tangan, dan stelan komplit mutiara. Untuk bahan yang tersedia berupa emas, perak, stainless, rhodium, mutiara air laut dan mutiara air tawar. Warna mutiara yang tersedia ada: putih, peach, pink, ungu muda, ungu tua, biru, cokelat tua, dan cokelat gold. Modelnya pun banyak macam variasinya. Sekali lagi buat kalian yang suka dengan “Aksesoris Mutiara Lombok bisa mampir di facebook Alzena Valdis Rahayu ^__^

Oya cara transaksi pembayaran ditransfer saja ke rekening saya atas nama Ririn Rahayu dengan No. Rek. Mandiri 1330011246378 or Muamalat 3080008164. Kalo sudah diterima pembayarannya maka barang yang sudah dipesan segera dikirm secepatnya mungkin nyampe 2-3 hari. Untuk ongkir ditanggung pembeli yahh.

Cukup sekian perjalanan bisnis saya, semoga menginspirasi yahh kawan, hehe

Thank U 

Bogor, 14 Juni 2013
Catatan Alzena Valdis Rahayu



Tidak ada komentar: