Jumat, 02 September 2011

Pengalaman Organisasi



Ingin berbagi pengalaman kisah saya kepada sahabatku semua yang ada di bumi Allah yang begitu sempurna indahnya semesta ini bila kita mampu berfikir, untuk merasakan akan nikmatNya dan saya yakin kita pun tak sanggup menghitungnya. Untuk itu saya dan antum sama-sama selalu bersyukur kepada Allah Yang Maha Pengasih dan Penyayang. 
Ini merupakan sekelumit tentang perjalanan dakwah dikampus semasa saya di kampus. Ketika itu saya masih sangat polos dan tak tahu tentang berdakwah. Saya mengenal dakwah ketika saya terjun di dunia organisasi internal kampus yang bertujuan untuk mengajak manusia kepada tauhid atau mengajak perintahNya dan menjauhi laranganNya. Sebut saja organisasi itu LDK (Lembaga Dakwah Kampus). Saya benar-benar sangat bingung dan takut untuk masuk di dalam organisasi ini. Mungkin saat itu saya melihat organisasi ini sangat eksklusif dan berbeda dengan organisasi yang lain saat pertama kali saya dan teman-teman mendatangi stand yang berjejer di depan gedung perkuliahan dalam penyambutan mahasiswa baru (PMB). Dengan niat karena Allah saya pun mendatangi dan aktif bertanya-tanya tentang kegiatan atau acara LDK (Lembaga Dakwah Kampus) yang telah dilakukan, bersama kakak tingkat yang ada di stand itu. Alhamdulillah kegiatan yang sering dilakukan oleh Lembaga Dakwah Kampus ini sangat memberikan manfaat besar untuk orang lain dan saya pribadi sangat menyukai hal itu dan saya ingin lebih mendekatkan diri kepada Allah. Setelah banyak berbincang-bincang akhirnya pun saya di ajak oleh kakak tingkat itu untuk mengikuti pendaftaran sebagai anggota LDK dengan basmalah saya berucap.

Di tingkat pertama tepat awal masuk kuliah pada tahun 2006 saat itu saya sudah diberikan amanah untuk bisa magang sebagai staf PSDM. Saya hanya ikut berpartisipasi saja awalnya dalam kegiatan LDK. Lama kelamaan saya dipercayakan untuk menjadi staf Media. Entah kenapa waktu terus berjalan begitu cepat bagaikan air yang mengalir. Dengan perjalanan yang baru saya lakukan saat itu makin hari ke hari ibadah saya alhamdulillah mengalami peningkatan walau tidak banyak tetapi setidaknya ada perubahan dalam diri saya pribadi. Tentunya kearah lebih baik. Bukankah “amalan yang paling di cintai oleh Allah adalah amalan yang dilakukan secara terus-menerus walaupun sedikit”. Jika pun futur, maka bangkit adalah hal yang harus kita lakukan. Tidak ada orang yang sempurna di dunia ini. Yang ada hanyalah orang-orang yang tekun dan “ikhlas” memperbaiki dirinya guna mencapai tujuan mulia ( syurga ).

Saya sangat bersyukur kepada Allah SWT, karena banyak pembelajaran dan pengalaman yang bisa saya petik dari kehidupan ini. Belajar dari lingkungan khususnya dari orang-orangnya yang mau berbuat baik, mau rajin ibadahnya, mau memperbaiki perbuatannya, mau belajar dengan giat, mau semangat ibadahnya, mau berprestasi, mau mandiri dalam segala hal, dan lain sebagainya. Sungguh sebuah kenikmatan yang indah saya rasakan.

Seiring perjalanan di kampus saya pun masih dalam proses mencari dan ketika itu saya di ajak untuk mengikuti kegiatan eksternal yaitu KAMMI (kesatuan aksi mahasiswa muslim Indonesia), kegiatan ini benar-benar di luar kampus, organisasi ini memberikan peranan yang sangat penting dalam bidang politik. Teman-teman yang interest dengan politik mengikuti organisasi ini.

Hari terus berganti, bulan satu ke bulan dua, bahkan tahun pun ikut berganti. Saya masih mencari organisasi yang benar-benar dapat meningkatkan akademik saya. Di tingkat kedua tepatnya semester tiga saya mengikuti UKM TRAS (Tirtayasa Research Academic and Society) organisasi ini yang memberikan pengalaman yang baru bagi saya tentang dunia kepenulisan dan penelitian. Organisasi ini sangat unik dan berbeda pada organisasi yang awal saya ikuti. Jelaslah. Setiap organisasi memiliki keunggulan dan kelemahan. Tujuan saya mengikuti organisasi ini ingin menyeimbangkan antara ibadah saya, politik dan akademik. Alhamdulillah dari organisasi yang saya ikuti tidak ada yang sia-sia semua memberikan manfaat besar. Subhanallah. Lupa masih ada organisasi yang saya ikuti tingkat jurusan dan fakultas namanya HIMAGRO (Himpunan Mahasiswa Agro) dan BEM Faperta. Banyak banget organisasi yang saya ikuti. Lelah pasti ada namun yang terpenting bagi saya adalah mendapatkan pengalaman dan pembelajaran yang TERBAIK yang tak bisa dilupakan. Alhamdulillahnya kuliah dan organisasi saya cukup baik dan tidak ada masalah. Semua berjalan dengan lancar.

 Memori saat kuliah di UNtirta pada tingkat pertama masih polosnya diriku :)



Tidak ada komentar: