Minggu, 13 April 2014

Kehilangan Dosen Kesayangan

“ Sesungguhnya kita semua adalah milik Allah dan kita semua akan berpulang kepadaNya"
"Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati....”
(QS. Āli `Īmrān [3]: 185.)

Allahumaghfirlahu warhamhu wa afihi wa fuanhu...

Pekan yang lalu adalah hari sedih saya tepatnya pada hari selasa pagi 8 April 2014, bahwa dosen pembimbing tesis saya telah wafat. Beliau adalah Prof. Dr. Ir. H. Endang Gumbira Sa’id, Ma, Dev. Kami semua kaget mendengar kabar itu karena sebelum kepergian beliau tepatnya di hari senin beliau masih sempat datang ke kampus dan beliau pun mencari saya dan Echa anak bimbingan beliau di Laboratorium Teknologi Industri Pertanian IPB. Sayangnya dihari itu saya tidak ngelab karena sedang mengolah data. Allah kami merasa kehilangan beliau.

Kenanganku saat dibimbing beliau
Banyak sekali kenangan dan nasihat yang saya dapatkan dari sosok beliau. Beliau sosok yang selalu bekerja keras, disiplin, baik, ramah, peduli, tegas, bijaksana dan jiwa sosialnya yang tinggi. Dan beliau sudah saya anggap seperti ayah saya sendiri, nasihat beliau selalu membangkitkan semangat saya ketika saya down dengan penelitian saya yang tak kunjung selesai. Hiks3x. Beliau pokonya is the best. Saya pun baru merasakan sosok dosen yang begitu baik dan perhatian sama anak bimbingannya, beliau pun suka menelvon jika ada kabar penting dan saya pun sangat bersyukur ketika dibimbing beliau, karena setiap bimbingan draft tesis saya selalu langsung diperiksa tidak pernah menunggu lama seminggu atau dua minggu yang dirasakan oleh teman-teman saya, sosok beliau sungguh membuat saya kagum dan ingin seperti beliau ketika saya menjadi dosen nanti, aamiin. Beliau juga selalu baik sama siapapun entah dia seorang pembantu, pedagang kecil, atau siapapun dia, beliau selalu ramah dan sangat baik. Padahal beliau profesor dengan jabatan sebagai guru besar di IPB tapi beliau tidak menjaga jarak dengan siapapun itu yang saya kagumi dari sosok beliau. Orang-orang pun memanggil beliau dengan sebutan Profesor Egum, tapi kalau saya belum pernah memanggil sebutan itu, palingan saya menyebutnya dengan sebutan Bapak saja karena beliau pun seperti Bapak yang selalu membimbing anak-anaknya. Oya terkadang aku dan Echa memanggil beliau sebutan papih karena beliau sangat care kepada kami berdua :) 

Terakhir Bimbingan
Aku jadi sedih ketika terakhir bimbingan dengan beliau di pascasarjana IPB Baranangsiang Bogor, tepatnya di akhir bulan Maret 2014 yang lalu. Beliau sempat meminta tolong saya untuk dibawakan flash disk dari Kantor MAKSI di kampus Dramaga pukul 15.00 WIB. Dan alhamdulillah jalanan dari Dramga ke Baranangsiang lancar jadi saya datang tepat waktu saat itu. Namun sedihnya saat Beliau bilang kecewa dengan isi tulisan tesis saya dan kata beliau tesis saya tidak sebagus dengan tulisan fiksi yang saya buat, hiks..hiks..hiks tetapi beliau pun pada saat itu begitu perhatiannnya bilang kepada saya.
 "Apa yang Ririn pikirkan ?" Tanya Pak Egum.
 "Saya ingin segera Ririn lulus". Harapan Bapak Egum.
"Ayo semangat lagi biar cepat lulus". Nasihat Bapak Egum
Tapi itu tinggal kenangan saja bahwa nanti saya tidak bisa melihat dan mendengar nasihat beliau lagi. Allahku sabarkan aku.

Oleh-oleh Umroh
Bulan januari 2014 lalu. Beliau sempat pergi umroh bersama keluarganya dan ketika usai umroh. Bapak Egum sempat memberikan hadiah cukup banyak untuk saya dan anak bimbingannya. Subhanallah walhamdulillah Bapak egum emang dosen yang penuh perhatian dan sangat-sangat baik. Aku rindu dengan Bapak.

Makan Bersama
Alhamdulillah ketika saya bimbingan dengan beliau dirumahnya kami semua anak bimbingannya diajak makan disebuah restoran yang megah yang ada dikawasan Bogor. Kami anak bimbingannya sangat senang sekali makan bersama dengan keluarga Bapak Egum. Sambil berdiskusi dan bercanda. Kenangan yang tak akan terlupakan.

Kebiasaan beliau di rumah
Ternyata beliau selalu rajin membantu istrinya untuk mencuci piring, menyapu, pokonya saya terpana sangat saat Bapak di rumah, beliau bener-bener menjadi suami dan ayah yang baik untuk keluarganya.

Belajar Bahasa Sunda
Sedikit demi sedikit saya belajar bahasa sunda dari Bapak Egum, kebetulan beliau kalau ngomong sunda pisan dan kadang sms pun Bapaknya dengan bahasa sunda ke saya. Sebetulnya saya juga sunda tapi berhubung dilingkungan saya itu jarang sekali pakai bahasa sunda. Jadi cuma cukup tahu aja dehhh.

Motivasi untuk segera menikah
Papih sempat bilang ke saya cepatan lulus biar segera menikah. Hmm papih padahal aku pengen banget ketika sudah waktunya aku ingin papih hadir menyaksikan hari bahagia saya nanti. Hiks...hikss..hikss. Aku rindu papih Egum.

Bapak Prof. Dr. Ono Suparno, S.TP, MT selaku pembimbing kedua saya
Pesan Pak Ono via Facebooknya “Kami sangat kaget dan sedih yang mendalam mendengar kabar bahwa Prof. E. Gumbira Sa'id telah wafat, karena sehari sebelumnya beliau bersama-sama dengan kami mengikuti seminar mahasiswa bimbingan kami dan beliau masih memberikan ulasan di akhir seminar tsb. Beliau adalah dosen pembimbing pertama saya ketika studi S-1. Banyak sekali kenangan dan pelajaran yang diperoleh dari beliau, yang tidak akan terlupakan. Beliau adalah salah satu dosen senior yang selalu memberikan motivasi dan menghargai anak-anak muda. Kita do'akan semoga Pak Egum husnul khotimah, diampuni segala kesalahannya, diterima amal kebaikannya, dan mendapatkan tempat terbaik di sisi-Nya. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan keikhlasan, kesabaran, dan ketabahan. Aamiin YRA. Selamat jalan Prof. Egum....”






Kenangan indah bersama Bapak tak akan terlupakan
Sampai kapan pun Bapak adalah motivator yang hebat
Membuat kami semangat untuk terus beprestasi dan selalu dekat dengan Allah
Nasihat, pelajaran, pengalaman dan ilmu yang begitu mengalir Bapak sampaikan
Membuat kami menjadi mandiri dan lebih bersabar
Semoga Allah mempertemukan kita kembali di syurga Allah
Selamat jalan Bapak Egum...






Bogor, 13 April 2014

Catatan Alzena Valdis Rahayu 
Sambil meneteskan air mata aku menulis ini aku rindu Bapak....





1 komentar:

Kaptenreza mengatakan...

Wahh.... tanggal 8 itu sih sbenarnya saya ultah. tapi disini berduka...

semoga beliau diterima disisinya..


koment balik juga ya ?
klik : http://musikanegri.blogspot.com/2014/04/gunongan-bukti-cinta-sultan-kharismatik.html