Minggu, 17 Juni 2012

Sekelumit Indah saat KKM


Kalau boleh jujur awalnya tidak betah, tapi mau gimana juga aku harus survive karena ini kewajibanku untuk mengamalkan ilmu yang sudah aku dapatkan di kampus untuk dishare ke masyarakat.


Kebersamaan membuatku bersahabat dengannya

Saat canda, tawa, tangis dan senyuman terukir bersama

Di Desa Sukamaju Serang

Bahagia bersama kalian

Namun aku takut kehilangan semua itu

Karena dua kata yakni

Pertemuan dan Perpisahan

Kedua kata yang tak dapat dipisahkan

Ku mengadu pada-Nya

Semoga moment indah ini tak kan pudar

selalu tersimpan dalam memori

Dan menjadi keluarga 52 yang harmonis

Udah pada tahu belum yah KKM itu apa? ada yang bilang katanya KKM itu Kuliah Kerja Menikah, opsss salah bukan itu tapiiii KKM disini adalah Kuliah Kerja Mahasiswa atau bahasa Belandanya adalah pengabdian masyarakat J.  Oke sudah paham yah. Dengerin sekelumit cerita penulis pada saat KKM!!!

Pertamakali kumpul dengan anak KKM  di dalam Gedung Rektorat UNTIRTA hari Rabu, pukul empat sore lewat tiga puluh menit bada ashar, aku kumpul bersama teman-teman baruku yang sudah ontime pukul empat, kami semua kumpul untuk membahas start KKM di Desa Sukamaju Serang, kepanitiaan KKM, survei KKM, program KKM de el el. Sebelum membahas KKM kami pun perkenalan, satu persatu ku tatap mereka tanpa lama, ternyata ada wajah yang kukenal dia adalah Lia dan Candra alumni SMPN2 Cilegon disusul dengan teman fakultas Yayu Agribisnis yang baru saja nongol. Alhamdulillah akhirnnya ada teman yang ku kenal disini gumamku. Namun sayangnya belum semua yang kumpul dari 21 orang kelompokku , akhirnya rapat untuk pembentukan kepanitiaan KKM dipending hari Sabtu, semua wajib datang pukul sembilan teng, dari kesepakatan bersama.

Pertemuan senja itu aku mendapat teman baru, tapi tetap saja aku belum merasa nyaman di sana. Why?? Entah background aku yang beda dari yang lain, tapi bagiku Difference is Beauty (perbedaan itu indah), semangat hatiku. Hasil keputusan bersama, sabtu bahwa ketua KKM 52 diambil dari anak hukum Yudha namanya dan wakilnya dari teknik industri Kiki. Sekretaris satu Friska anak ekonomi akuntansi, sekretaris dua dipilihlah aku. Berat euy. Amanah lagi batinku.

***

Survei pertama

Survei pertama dimulai hari ahad dengan mobil mewah milik Pak Roby ternyata yang ikut survei hanya sebagian saja, so dengan mobil satupun cukup dan yang lain pada bawa motor. Sesampai di Cikeusal Desa Sukamaju, kami mencari rumah Bu Lurah ternyata Bu Lurah sedang tidak di rumah, akhirnya kita menemui carik atau sekeretris desanya. Nggak lama kemudian ketika kita hendak pulang, Bu Lurah datang kerumah Pak Sekdes (sekretaris desa) memberi sesuatu, apanya itu aku nggak tahu. Dan kami pun diajak kerumah beliau. Saat masuk kami semua ditawarin makan siang bahasa cikeusalnya have lunch, tanpa basa-basi lagi kami. Bu Lurah langsung membelikan nasi buat kita semua, kayanya pada tahu kita kelaparan. Hehe. Alhamdulilah ucap kita semua. Selesai makan kami langsung pada pembicaraan khusus yaitu tempat tinggal selama satu bulan untuk membina desa, alhamdulilah Bu Lurah sudah memahami maksud tujuan kita disini, beliau sangat welcome dengan kita, akhirnnya kita tinggal di rumah Bu Lurah yang besar dan fasilitas memadai untuk keperluan KKM, semua pada senang, salah satu temanku bilang Amel ”tinggal disini bakal nyaman nggak pulang-pulang gue”.  Secara rumah Bu Lurah yang mewah dan fasilitas mendukung banget buat kita.

Survei kedua

Survei kedua kalinya, aku dapat kabar dari Lia bahwa tempat tinggal, tidak jadi di rumah Bu Lurah ada satu hal yang nggak bisa kita tinggal disana, yaitu Bu Lurah mau hajatan anaknya menikah. Akhirnya aku dan teman-temanku pada kebingungan karena semakin dekat KKM kita belum ada yang fix untuk tempat tinggal. Alhamdulillahnya ada Yayu salah satu peserta KKM yang rumahnya dekat di sana.

Kata Yayu ada tempat tinggal yang besar dan nyaman untuk satu bulan KKM. Insya Allah nyaman untuk kita. Aku masih setengah hati jika laki-laki dan perempuan dibarengi dalam satu rumah. Aku mengusulkan diri untuk menyewa dua rumah. Buat perempuan dan laki-laki terpisah ada hijab gitu. Hehe.

Alhamdulillah Allah selalu memudahkan hambanya yang ingin melakukan kebaikan. Fix deh kita menyewa dua rumah. Senang banget aku J.

Terimaksih ya Allah akhirnya aku mendapatkan kebahagiaan bersama teman-teman 52 di lokasi Cikeusal-Sukamaju. 16 Juli-18 Agustus 2009.  Mulai dari proker yang mengasyikan yakni ngajar anak-anak PAUD, Ngajar Ibu-ibu rumah tangga, Seminar Membuat Pupuk Organik, dan masih banyak lagi.

Momen Indah yang tak bisa kulupakan masih tersimpan dalam memoriku saat pengabdian masyarakat bareng bersama 52, semoga silaturahmi dapat terjaga sampai kapan pun. Thank You : Yudha (Hukum), Kiki (Teknik Industri), K’Panji (PLS), Pujika (Diksat), Mala (Manajemen), Amel (B.Inggris), Wela (PLS), Uum (Ikom), Lia (Ikom), Mirna (Matematika), Ian, (Teknik Kimia) Candra (Administrasi negara), Friska (Akuntansi), Dewi (Hukum), Dendi (Manajemen), Gandhi (Akuntansi), Yayu (Agribisnis), Aris (Teknik Elektro), Didik (hukum), dan Pak Roby (Teknik metalurgi).

Cikeusal, 18 Agustus 2009



                                  

Tidak ada komentar: