Jumat, 06 Juli 2012

Makna Dakwah

Makna dakwah sangat luas sekali sobat. Tidak sekedar menceramahi orang atau mengajak orang. Namun melalui keteladanan kita, akhlak dan perilaku baik kita, bisa jadi kita telah berdakwah dan mendapatkan pahala Allah. Amin Ya Robbal’alamin. Dakwah bagaikan lampu pijar bagi kehidupan, yang menerangi jalan dengan penuh cahaya, menjadi solusi ketika manusia dilanda kegersangan spiritual dan rapuhnya akhlak. Maka dakwah adalah seruan kepada keinsafan atau usaha mengubah situasi yang buruk menjadi lebih baik dan sempurna.

Lafaz dakwah sering kita dengar dan disebut dalam Al-Qur’an dan As-Sunnah. Untuk memahami makna dakwah secara bahasa ataupun istilah kita perlu memahaminya dalam Al-Qur’an dan As-Sunnah antara lain sebagai berikut:

Dakwah adalah perintah. Meminta dengan sangat untuk memenuhi seruan-disambut ataupun tidak permintaan itu. Permintaan ini berkaitan dengan keyakinan, perkataan dan amal perbuatan. “ Hai orang-orang beriman, penuhilah seruan Allah dan seruan Rasul apabila Rasul menyerumu kepada sesuatu yang memberi kehidupan kepadamu…” (Qs Al-Anfal ayat 24).

Dakwah adalah undangan. Dari Jabir ra bahwa Rasulullah SAW bersabda,” Jika salah seorang kalian diundang makan maka datanglah (memenuhi undangan). Jika ia mau makan maka makanlah dan jika tidak mau makan maka tingggalkanlah atau tidak menyatapnya.” (HR Muslim).

Dakwah adalah permintaan. “Mereka berkata, mohonkanlah kepada Tuhanmu untuk kami agar Dia menjelaskan kepada kami tentang (sapi betina) itu. “ Musa menjawab,” Allah berirman bahwa sapi betina itu tidak tua dan tidak muda, (tetapi) pertengahan antara itu. Maka kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu,” (Qs. Al-Baqarah ayat 68).

Dakwah adalah istighasah. “Berdolah kepada Tuhanmu dengan rendah hati dan suara yang lembut. Sungguh, Dia tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas.” (Qs. Al-Araf ayat 55). Rasulullah SAW bersabda, “ Tidak berdoa seorang muslim dengan suatu doa yang doanya itu tidak dicampuri sesuatu maksud jahat atau memutuskan silaturahim.” Do’a itu pastilah diperkenankan oleh Allah dengan memenuhi satu dari tiga cara. Adakalnya doa itu diterima dengan segera, adakalanya disimpan dahulu untuk persediaan di akhirat, dan adakalnya dipalingkan daripadanya kejahatan yang seumpamanya.

Dakwah adalah seruan. Dari jabir bin Abdillah ra, Rasululllah SAW bersabda, “Barang siapa yang mengatakan tatkala mendengar seruan (azan):“ Ya Allah Rabb yang menguasi seruan yang sempurna ini dan sholat yang akan didirikan ini, berilah Muhammad wasilah dan keutamaan dan utuslah beliau ke tempat yang terpuji seperti yang Engkau janjikan), maka orang tersebut mendapatkan syafaat dariku kelak di hari kiamat,“ (HR. Bukhari).

Tepatnya tahun 2011 saya pernah mengikuti acara yang sungguh bermanfaat dengan tema acara “Motivasi Berdakwah“ Kata beliau ustadz pengelola SD Peradaban Serang mengungkapkan setiap orang berkewajiban untuk berdakwah karena kita sebagai umat nabi Muhammad SAW yang meneruskan perjuangannya. Di dalam surah Al-Ashr ayat 1-3 menerangkan. “ Demi masa. Sungguh manusia berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasihati untuk kebenaran dan saling menasihati untuk kebenaran.“ Ibarat waktu adalah pedang, barang siapa tidak menggunakannya dengan baik maka akan membahayakan dirinya.

Kata-kata yang menjadi semangat untuk saya dalam berdakwah. Dari Abu Hurairah ra. Bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, “ Barang siapa yang menyeru kepada sebuah petunjuk maka dia mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengikutinya, yang demikian itu tanpa mengurangi pahala mereka sedikit pun. Dan barangsiapa yang menyeru kepada kesesatan maka ia mendapatkan dosa sebagaimana dosa orang-orang yang mengikutinya, yang demikian itu tanpa mengurangi sedikit pun,“ (HR. Muslim)

Dari Abu Mas’ud ‘Uqbah bin ‘Amr Al Anshary Al Badry ra. Berkata, Rasulullah SAW bersabda,“Barang siapa yang memberi petunjuk kepada kebaikan maka ia mendapat pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya.” (HR. Muslim)




Cilegon, 8 Juli 2012



* Semoga tulisan ini memberikan pengingat bagi semuanya untuk bisa SEMANGAT dalam menasihati kebaikan.


Tidak ada komentar: