Rabu, 05 Desember 2012

Cerita Dosen Pembimbing


Dosen pembimbing saya begitu baik dan perhatian yang terus memotivasi saya, saya tidak ingin mengecewakan beliau apalagi beliau termasuk orang yang paling penting di kampus, beliau sebagai guru besar Fateta, dan anggota senat akademik IPB dan beliau juga menjabat sebagai Ketua Masyarakat Perkelapa Sawitan Indonesia (MAKSI), dan di lingkungan akademis baik kalangan dosen ataupun mahasiswa Beliau sangat terkenal. Beliau adalah Prof. Dr. Ir. Endang Gumbira Sa'id MA.Dev. Biasa orang memanggilnya dengan sebutan akrabnya Prof. Egum atau Pak Egum , tapi saya dan Echa biasa manggil beliau Papih ini untuk panggilan kita saja. Hehe.


Oya beliau mendapatkan Gelar Master of Agricultural Development (MA.Dev) diperoleh dari Ghent State University, Belgia pada tahun 1983. Pada tahun 1992 beliau meraih gelar Ph.D in Chemical Engineering (1992) dari The University of Queensland, Australia.  



Bidang penelitian yang beliau tekuni adalah Teknologi Industri Pertanian, Manajemen Teknologi dan Inovasi, Rekayasa Proses Agroindustri, dan Bioindustri. Beliau juga aktif menulis sudah 22 buku dalam bidang Agroindustri, Manajemen Agribisnis, Bioteknologi, dan Manajemen Lingkungan. Selain buku, beliau juga pernah menulis puluhan makalah yang telah diterbitkan di jurnal, prosiding dan presentasi, baik nasional maupun internasional, serta ratusan artikel populer di media massa. Kelahiran Beliau di Subang 21 Mei 1955. Dan saya pernah bersilaturahim ke rumah Beliau pasca lebaran Idul Fitri kemarin. Senang rasanya bisa bertemu dengan keluarga beliau yang sangat ramah dan baik. Apalagi anak putranya yang bungsu lucu banget, ramah, ganteng saya pun suka mencandainya.


Kemudian dosen pembimbing kedua saya di bimbing oleh Dr. Ono Suparno, S.TP. MT. Beliau juga sama baik  banget, ramah, dan banyak memberikan motivasi ke saya, oleh karenanya saya mesti semangat dalam mengerjakan tesis, pokoknya dosen yang membimbing saya alhamdulillah sesuai dengan apa yang saya harapkan, semoga Allah selalu memudahkan saya selanjutnya untuk segera menyelesaikan tesis dan segera lulus. Oya pengalaman studi beliau adalah alumni University of Leicester, England, UK. Pada saat ini beliau menjabat sebagai Koordinator Jaminan Mutu (Quality Assurance) Mahasiswa dan Alumni, Fakultas Teknologi Pertanian - IPB.


Cerita saya tentang dosen pembimbing  :)


2 komentar:

Unknown mengatakan...

mantap teh,,
syukron atas pengalamannya,
semakin semangat menatap skripsi semester depan..
amiin

Ririn Rahayu mengatakan...

oke sama2 dedi, tapi jangan ditatap skripsi mah, dikerjain yahh biar cepat beres, mudah2an lancar dan sukses. Syukron udah berkunjung di blog te2h.