Selasa, 19 Maret 2013

Kisahku Di Islamic Book Fair 2013


Kayanya nggak seru deh kalo nggak pergi ke IBF yahh kawan. Saat hari libur tepatnya tanggal 10 Maret 2013 merupakan hari terakhir pameran buku yang ada di Istora GBK Senayan Jakarta.  Saya meniatkan diri untuk datang ke IBF. IBF Kali ini saya pergi dengan Mbak Nisa dan keluarganya, kalo tahun lalu saya dengan sahabat seperjuangan saya Mbak Ami, Uni, dan Retno tapi sayangnya mereka sudah duluan kecuali Mbak Ami karena mesti bed rest. Saat itu saya dan Mbak Nisa janjian di depan komplek Yasmin sekitar pukul sebelasan lumayan dekat sih dari Dramaga ke Yasmin, dan saat itu juga saya dijemput di depan Yasmin dekat dengan Supermarket Giant. Setelah nyampe di rumahnya yang sejuk dan adem, saya berdisksusi dengan beliau ditaman belakang sambil menunggu waktu adzan dzuhur datang.
Alhamdulillah, setelah solat dzuhur saya diajak makan oleh Mbak Nisa dan keluarganya, wahh jadi ngerepotin banget dehh saya saat itu. Afwan yah Mbak ^^.

Next, kita berangkat sekitar jam satuan lebih karena macet Jakarta dan sempat diguyur hujan saat itu, akhirnya nyampe Istora senayan sekitar jam tigaan. Wahh lumayan lama yahh.

Ketika nyampe sana, subhanallah rame bangetttttttttt.

Menurut saya Islamic Book Fair tahun ini paling rame dari tahun sebelumnya, kenapa? Karena berdasarkan informasi yang saya dapat kalo tidak salah ada 367 ratus stand penerbit yang telah standby dengan menawarkan buku-bukunya dengan diskon yang lumayan besar sampe 40%, apalagi saya datang hari terakhir juga sihh. Pameran IBF ini kebanyakan menyediakan buku-buku islami, tapi ada juga sihh buku pengetahuan umum lainnya, kemudian ada yang menjual pakaian islami, jilbab, dan lain-lain. Pokonya banyak referensi dehh yang kita dapat di sini, jika teman2 ingin hunting mushaf atau buku tentang keluarga, pernikahan, dan sebagainya ada semua di sini pokonya lengkap deh, termasuk juga buku fiksi seperti novel cinta miliknya Kang Habiburahman el Shirazy, Bunda Helvy Tiana Rosa, Mbak Asma Nadia, dan lain-lain . Yang belum sempat ke IBF kemarin semoga tahun depan diberikan kesempatan sama Allah untuk mengunjungi. Aamiin.

Saking sibuknya saya dan Mbak Nisa mencari buku yang sudah di list di note handphone, jadi lupa foto deh, hiks.hiks. Nggak penting sebenarnya sihh tapi menurut saya setiap kejadian harus ada kenangannya termasuk tulisan ini yang saya buat ^__^ mudah-mudahan bermanfaat.
Oya ada ilmu yang saya dapat saat menyimak Launching Buku miliknya Bapak Dr M. Syafii Antonio, M. Ec. Sebelumnya saya ingin memperkenalkan profil beliau terlebih dahulu, biar kita sama-sama saling kenal. Jujur saja saya baru tahu saat itu, ternyata beliau adalah seorang mu’alaf dan beliau merupakan ahli ekonom syariah yang kini sukses di bidang perbankan syariah, dengar pengalaman beliau membuat saya  awesome.
Acaranya saat itu dekat bazar buku di dalam lapangan badminton atau di Panggung Utama IBF. Ini hasil ringkasan saya ketika beliau memberikan  materinya:

Beliau bilang untuk hidup sukses itu mesti seimbang (balance) diantaranya adalah:

1.   Financial social

2.   Emotional

3.   Intelectual

4.   Physical, dan

5.   Spritual

Nggak perlu saya jelaskan detail yah kawan, pasti kalian sudah tahu maksud dari 5 kata diatas. ^_^ Kemudian beliau juga menganjurkan untuk kita follow sifat wajib Rasulullah SAW. Ada yang tahu kahh apa saja itu sifat wajib Nabi kita? yupz anda benar. Sifat Nabi kita atau rasul kita yang wajib kita teladani adalah:

1. Siddiq

2. Fatonah

3. Amanah dan

4. Tabligh

Walau sebenarnya sifat Nabi lainya itu banyak yang baik juga seperti ada rendah hati, sabar, lemahlembut, penyayang, dan sebagainnya, tapi Bapak Antonio dalam acara ini memfokuskan 4 sifat nabi yang di atas tadi. Kenapa kita mesti  mempelajari atau meneladani Nabi kita Muhammad SAW karena dalam Al-Qur’an dijelaskan bahwasanya yaitu:

“ Sesungguhnya telah ada pada diri Rasulullah suri teladan yang baik bagimu yaitu bagi orang yang mengharap rahmat Allah dan kedatangan hari kiamat dan dia menyebut Allah” (Qs. Al-Ahzab:21). Jadi sudah jelas yahh kawan kita wajib mempelajari atau meneladaninya karena beliau memiliki akhlaq yang sangat mulia.

Next, yukkkkkkk kita flasblack tentang Sifat Nabi.

Siddiq itu artinya benar. Tapi benar itu tidak hanya sekedar perkataan saja, melainkan perbuatannya juga benar. Sejalan dengan ucapannya. Namun yang kita perhatikan saat ini kawan, banyak sekali pemimpin sekarang kebanyakan kata-kata namun tidak direalisaikan dengan actionnya. Pokonya beda banget dehhh ucapan dengan perbuatannya. Kalian merasa gitu nggak dengan pemimpin yang ada kenal saat ini ??? Hehe #tanya
Fatonah itu cerdas. Mustahil banget kalau ada yang bilang nabi dikatakan bodoh atau jahlun. Sudah kita rasakan bukan bahwa apa yang disampaikan nabi kita adalah ajaran yang benar, beliau yang mampu berdebat dengan orang-orang kafir dengan cara ahsannya beliau, dan apalagi beliau juga yang mengatur ummatnya yang banyak ini. Pokonya Nabi nggak ada yang nandingi kecerdasannya. Oya saya lupa bahwa Nabi kita Muhammad SAW merupakan tokoh nomor satu yang paling berpengaruh di dunia ini yaitu tadi dengan kecerdasan beliau yang luar biasa dan berpestasinya beliau dalam mengembankan amanahnya untuk ummat tercinta. (Subhanallah walhamdulillah walaa ilaaha illallaah allahu akbar).

Amanah itu artinya dapat dipercaya. Jika suatu urusan diserahkan kepada seorang, maka seorang tersebut benar-benar melaksanakannya dengan sebaik-baiknya. Oleh karena itulah Nabi Muhammad SAW dijuluki dengan sebutan “Al-Amin” yang artinya terpercaya. Apapun yang beliau ucapkan, penduduk Mekkah ketika itu mempercayainya karena beliau bukanlah orang yang dusta.

Dalam firman Allah,

“ Aku yang menyampaikan amanat-amanat Tuhanku kepadamu dan aku hanyalah pemberi nasihat yang terpercaya bagimu “ (Al-Araf:68).

Semoga kita bisa seperti nabi jika diberi amanah dapat menjalankan amanahnya dengan sebenar-benarnya. Aamiin.

Tabligh, itu artinya menyampaikan. Segala firman Allah yang ditujukan oleh manusia itu disampaikan oleh Nabi. Dapat disimak dalam surah Al-Jin ayat 28, bahwa Allah berfirman:

“Supaya Dia mengetahui, bahwa sesungguhnya rasul-rasul itu telah menyampaikan risalah-risalah Tuhannya sedang (sebenarnya) ilmuNya meliputi apa yang ada pada mereka dan Dia menghitung segala sesuatu satu persatu “(Qs. Al-Jin: 28). Jadi Nabi Muhmmad SAW tidak ada sifat untuk menyembunyikan wahyu, oleh karena itu kita sebagai umatnya wajib merenungi dalam segi pemberitaannya baik kabar baik atau kabar peringatannya.

Oya dari sifat Nabi tadi yaitu siddiq Bapak Antonio membagi lagi tentang ketauhidan, peace, passion, thankful, halal oriented, istiqomah. Kalo sifat amanah meliputi: kudu transparan, sehat jasmani dan rohani, amanah dunia dan ukhrowi. Tabligh: Clear visison, efective communication, leading with example, motivating inspairing, team work.


Semoga bermanfaat ^__^


Istora GBK Senayan, 10 Maret 2013


-Catatan Alzena Valdis Rahayu-












Tidak ada komentar: