Jumat, 01 Maret 2013

Konferensi International Convention Center


Konferensi yang diselenggarakan oleh Departemen Industri Pertanian di International Convention Center, Baranangsiang-Bogor ini dihadiri oleh Rektor IPB, tenaga pendidik dari berbagai universitas di Indonesia, dosen-dosen Fateta, senat akademik, pengusaha-pengusaha, mahasiswa Fateta, mahasiswa dari perguruan tinggi lain, perwakilan BEM Fateta, Hima Fateta, dan sebagainya. Serta pembicara yang dihadirkan sangat luar biasa dari Mentri BUMN Dahlan Iskan, Menteri Perekonomian M. Hatta Radjasa, serta dosen-dosen yang berkompeten. Kuliah umum ini bertemakan dengan judul Konferensi Nasional Inovasi dan Technopreneurship "Mendidik dan Menciptakan Inovator dan Technopreneur. Acara berlangsung selama dua hari dimulai sejak tanggal 18-19 Februari 2013.

ALHAMDULILLAH, bahagia rasanya ketika mendapatkan kesempatan untuk mengadiri acara tersebut, walaupun saya tidak mengikuti sejak hari pertama tapi bersyukur bisa dapat pengalaman dan wawasan tentang TechnopreneurPengetahuan yang saya dapatkan disini kebanyakannya mengenai bisnis dalam memanfaatkan teknologi. Kebetulan saya juga senang berbisnis, jadi saat itu saya serius sekali dengerin pembicaranya. Mmh.

Pembicara yang pertama dari lulusan ITS Surabaya beliau adalah Bapak Judi Achmadi seorang enterepreneur di bidang IT Telkom. Pembicara yang kedua adalah Bapak Dr Handito Joewono, beliau Ketua TIM Koordinasi  Nasional Pengembangan Wirausaha Kreatif Kemenko Perekonomian RI. Materi yang beliau paparkan adalah mengenai “ Sinergi Pengembangan Wirausaha Muda Indonesia” Menurut hasil pemaparan beliau adalah memulai berbisnis itu tidak mudah, apa lagi jika kita belum terbiasa melakukannya. Adapun kendala- kendala yang dapat membuat kita berhenti dan enggan meneruskan bisnisnya antara lain:

Modal

Modal memang penting sekali dalam memulai berbisnis, namun  jika kita terlalu memikirkan modal usaha (uang) maka kapan akan mulainya. Jadi saran saya adalah jika berwirausaha itu action yang terpenting.

Teknologi

Teknologi ini sangat penting untuk kita kuasai karena dengan memanfaatkan teknologi maka bisnis kita dapat berkembang, tidak stagnan tentunya dalam berwirausaha barangnya dagangan kita dapat dilihat banyak orang lain.
  
Bahasa

Kalau orang Indonesia bahasa menjadi kendala dalam berkomunikasi. Menurut pemateri bahasa janganlah dijadikan beban, kita tahu orang Jepang juga sama dengan kita agak kesulitan dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. Tapi toh orang Jepang maju aja karena mereka nggak terlalu ribet untuk mempermasalahkannya.

Cukup tiga itu yang dapat saya informasikan dari pembicara pertama, mohon maaf jika kurang lengkap. Next, pembicara dua yaitu tentang “Memulai Bisnis Baru Satu Hal, Membesarkannya Hal yang Luarbiasa: Apa saja kah tipsnya yaitu:
  1. Day Dreaming
  2. Creative Thingking
  3. Push the pedal
  4. Speeding up
  5. Looking up
Lalu beliau juga menceritakan “Rumus Berbisnis” diantaranya adalah:
  1. Push the pedal
  2. Concentrate
  3. Balance it
  4. Don’t be afriad
  5. The you’re done
(Evans RJ, 2006)

Oya dalam pemaparannya Bapak Dr Handito Joewono memberikan pertanyaan apakah tujuan anda dalam berbisnis kepada peserta konference? Bapak itu senyum-senyum dengan mengenang beberapa orang ketika ditanya semacam pertanyaan itu, ada yang bilang bebisnis karena ingin terkenal, dan beliau juga bilang kalo bisnis dengan tujuan seperti itu maka salah, kalo ingin terkenal jadi artis saja, kilahnya, jadi berbisnis itu mestinya menciptakan suatu kreatifitas, dan bisnis bukan lagi seperti orang berdagang loh yah, sekarang sudah zaman modern mestinya lebih kreatif lagi dalam menemukan ide berbisnis dan dapat dikembangkan agar dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru yang bisa bermanfaat untuk orang banyak. 

Kalau saya yang ditanya apa tujuan saya dalam berbisnis? maka akan saya jawab ingin bermanfaat terutama keluarga, dan orang sekitar saya, tidak hanya itu saja tapi dapat mengembangkan dan menciptakan dengan inovasi-inovasi baru sehingga menjadi bisnis yang kreatif untuk jangka panjang kedepannya.

Sekalian promosiin bisnis saya, hehe. Kawan jika ada waktu jangan lupa mampir di toko saya yahh saya jualnya online di FB saya Alzena Valdis Rahayu, menjual Aksesoris MUTIARA CANTIK dari Lombok, ada cincin mutiara (bahan emas, perak, dll), anting & giwang, kalung, gelang, bross/peniti jilbab dan jam tangan mutiara. Ini linknya 

 http://www.facebook.com/ririn.rahayu.900/photos_albums

Hatur Nuhun ^_^

Catatan Alzena Valdis Rahayu

1 komentar:

Rela Tresnamulia mengatakan...

bagus riiinnn TOP deeehhh <<<