Senin, 18 November 2013

Makna Sahabat

Bogor yang cerah dengan sinar mentari yang begitu indah dan menghangatkan tubuh, serta membawa senyuman terindah bagi semua orang yang tengah sibuk dalam aktivitasnya. Pertama syukurku atas rahmat Allah SWT karena masih diberi kesempatan untuk saya menuliskan sekelumit "Makna Sahabat". Shalawat dan salam selalu tercurahkan selau untuk manusia yang paling sempurna beliau adalah baginda Rasulullah Muhammad SAW.

Baiklah tanpa panjang lebar kali tinggi, langsung saja saya ingin berbicara tentang " Makna Sahabat". Suatu hari ada yang bertanya kepada saya tentang makna sahabat. Menurut Mbak sahabat itu apa sihhhh? kujawab dengan ramah.

Menurut saya sahabat itu seperti orang yang rela mengembalikan buku catatan yang ia pinjam meskipun harus malam harus ia kembalikan kepada pemiliknya, karena akan dipergunakan untuk ujian esok harinya. Sahabat juga yang rela membantu dan menemani saat saya penelitian menyimpan sampel dichamber (refrigerator) tengah malam untuk tugas akhir (tesis). Kemudian sahabat juga yang rela meminjamkan note booknya padahal ia juga sedang mengerjakan tugasnya yang tidak kalah penting. Sahabat juga yang selalu menasihati dengan penuh kesabaran disaat saya futur. Karena ialah orang yang menjadi jiwa raga saya yang lain, menampung beban hidup dan selalu memberi motivasi hingga saya kembali bersemangat lagi. Sahabat juga merupakan tempat saya berkeluh kesah disaat hati ini galau dan bimbang walau sebelumnya saya sudah curhat kepada Allah. Sahabat tempat saya meminta saran, pendapat, dan solusi. Pokonya sahabat itu yang selalu menerima saya apa adanya bukan ada apanya. Hehe.

Pernah nonton film Ada Apa dengan Cinta (A2dC)??? dengan tokoh utamanya Cinta yang diperankan Dian Sastro bersama gengnya yakni Alya, Mily, Karmen, dan Maura? Disitu terlihat banget sekelumit cerita persahabatan yang mereka kisahkan walaupun berbeda karakter tapi satu. Satu dalam langkah, tujuan, dan cita-cita.

Kemudian sahabat jualah yang memengaruhi perilaku kita. Kehadiran mereka disisi kita terasa atau tidak, sangat berdampak besar terhadap kehidupan kita yang kita jalani kelak. Merekalah yang membuat kita begini dan begitu. Maka dari itu kita jangan sampai salah memilih sahabat yahhh oke!!!

Persahabatan bukanlah jalinan rekayasa melainkan pertautan hati (baca: ukhuwah). Sahabat adalah jalinan yang membuat kita merasa nyaman saat disampingnya, berbagi cerita duka maupun suka. Kita bisa betul betul rileks mengungkap diri kita sebenarnya, tanpa ribet-ribet untuk jaim. Sahabat juga yang senantiasa mengingatkan jika kita lupa dan salah dan ia sabar untuk menasihatkan kita. Sahabat jugalah yang mau menemani dan menolong tanpa pamrih. Itulah makna sahabat.

Sahabat seiman ibarat mentari yang selalu menyinari…  
Sahabat  yang setia bagai pewangi mengharumkan…  
Sahabat sejati menjadi pendorong impian masa depan…  
Sahabat berhati mulia membawa kita ke jalan Allah… 

Semoga bermanfaat untuk semuanya...


Bogor, 18 November 2013 
By. Alzena Valdis Rahayu





Tidak ada komentar: