Jumat, 22 Desember 2017

Belajar Menyayangi

Masing-masing dari kedua anakku ini memiliki sifat dan karakter yang asli unik dan berbeda.

Hamas yang kini berusia dua tahun empat bulan memiliki sifat dan karakter yang pemberani, kadang pemalu, kinestetik dan lagi senang bertanya.

Misalnya Hamas: "Ummi ini apa?" sambil jari telunjuknya menunjuk sesuatu yang ditanya.
Haidar yang kini usianya jalan empat bulan ini lagi senang ngoceh-ngoceh, mutar-mutar badan sambil posisi telentang diatas kasur, dan miring-miring badan proses menuju tengkurap sendiri. Berat badanyapun bertambah menjadi 6,8 kg.

Ada kebahagiaan tersendiri saat membersamai mereka, entah itu dengan ekpresi, gaya bicara dan tingkah lakunya yang lucu masyaAllah Hamas dan Haidar kesayangan ummi dan abinya, dan terkadang aku pun sempat kesal saat anak sudah mulai rewel dan sulit dimengerti keinginannya (tantrum). Astagfirullah maafin ummi yah Nak. Ummi memang kurang sabaran, kadang suka marah juga dan menyuekin kalian berdua disaat ummi mulai lelah.
Dari kejadian tiap harinya aku mulai banyak menyadari akan kebutuhan mereka selain cinta dan kasih sayang orangtuanya adalah bimbingan dan arahan dengan tidak menyalahkan anak jika salah dalam melakukan hal yang berbahaya tapi diberitahu yang benar dan baiknya seperti apa, agar tidak terulang kesalahan-kesalahan yg dialaminya.
Misalnya saat Hamas mengamati kipas yang mutar-mutar, dan dia dengan tidak sengaja mencoba memasukan jari tangannya otomatis dia kaget kenapa jadi seperti itu. Ibu yang baik adalah tidak membuatnya panik dan kaget apalagi sampai memarahinya akan tetapi diberitahu secara singkat dan jelas agar mudah dimengerti oleh anak. Pada saat mengamati kipas yang mutar-mutar tangan atau jari tangan Hamas jangan dimasukin yah, itu namanya berbahaya. No...No..itu berbahaya.

Pun ketika meminta Hamas untuk menjaga adiknya. Tetapi malah jadinya adiknya diusilin sama Hamas. Maka ibu yang baik dalam mendidik anak dengan penuh cinta adalah mencontohkanya bagaimana sikap lembut kepada adik dengan sang ibu juga mempraktekan langsung tangannya sambil mengelus-elus kepala adik dan masih banyak lagi.

Bogor, 16 Desember 2017

By. Ririn Ummu Hamas dan Haidar

Tidak ada komentar: