Selasa, 23 Oktober 2012

Jalan-jalan ke Perkebunan Kelapa Sawit



Mengisi waktu liburan saya visit ke perkebunan kelapa sawit, tapi sebelumnya saya bermalam di rumah adik tingkat saya namanya Annisa Sofia Wardah letak rumahnya tidak jauh dengan Perkebunan Cisalak Baru. Sesampai di sana saya juga dipertemukan dengan adik tingkat saya yang laki-laki sebelumnya saya tidak kenal, ternyata adik tingkat saya yang satu ini, kuliahnya sama dengan saya di jurusan Agroekoteknologi Untirta Banten, namanya Ibnu, orangtuanya pun bekerja di perkebunan sawit yang saya kunjungi. 






Nihhh Anis sedang belajar meneliti sawit, kira-kira apanya yahh yang diteliti? "aku bingung" hehe. Inilah bentuk buah sawit mungkin ada yang belum tau, dan warnanya pun beragam ada yang kuning, orange, dan kemerahan, seperti pada umumnya. Berdasarkan info yang saya dapatkan jika ada beberapa buah yang sudah lepas dari tandannya sekitar 3-4 jumlahnya maka sudah siap untuk di panenJ 





TBS (Tandan Buah Segar) yang sudah dipanen lalu dibawa ke Pabrik Pengolahan letak pabriknya cukup jauh dari Rangkas yaitu di Malimping Kertajaya. Kebetulan saya belum pernah ke sana, jadi kapan-kapan insya Allah kalau udah ada waktunya ingin liat proses buat palm oil.





Ini tandan sawitnya yang terdiri dari mesokarp, dan inti sawit dan biasanya yang paling banyak diolah di  industri Indonesia adalah palm oil dan limbah tandannya juga bisa di jadikan untuk pembuatan pupuk organik.






Pemandangan yang begitu indah namun sayangnya disekitar pohon ini juga terdapat kerbau atau sapi milik warga yang ada di sekitar perkebunan sehingga terkadang menjadi simbiosis "mutualisme".




Liat dehh kerbaunya masuk ke perkebunan sawit.





Tidak ada komentar: