Sabtu, 14 Juni 2014

Berbagi itu Menyenangkan

"Berbagi tak pernah rugi justru mendatangkan kebahagiaan bagi yang gemar berbagi"

Sebetulnya quote diatas itu memberikan motivasi buat saya pribadi sihhh hehehe, semoga dengan kalian juga yahhh :) 

Menurutku berbagi itu tidak hanya sebuah materi saja yang harus kita berikan. Sebenarnya banyak cara untuk kita berbagi. Apapun yang kita miliki saat ini, entah itu berupa ilmu, nasihat, informasi, cerita, pengalaman, dan sebagainya bisa kita share dengan orang lain karena dengan berbagi juga ada persaan jiwa yang sangat menentramkan dihati buat yang suka berbagi dan karena berbagi juga salah satu perbuatan yang baik yang sangat dianjurkan dalam pribadi seorang muslim, untuk dapat meringankan beban orang lain ketika sedang menghadapi suatu kesulitan.

Nah contohnya, mungkin ada dari kita yang diberikan kelimpahan rezeki berupa harta yang cukup banyak oleh Allah, maka selayaknya  kita bisa berbagi dengan harta itu untuk digunakan dijalan Allah misalnya memberi sebagian harta kita untuk kita infakkan kepada orang yang kurang mampu atau ada temen kita yang sedang kesulitan untuk membayar spp, dan masih banyak contoh lainnya. Bukankah harta yang kita miliki juga adalah punya Allah. Maka sudah seharusnya dalam diri kita untuk peduli dan berbagi untuk sesama. Dalam firmanNya Allah mengatakan:

Bandingan (derma) orang-orang yang membelanjakan hartanya pada jalan Allah, ialah sama seperti sebiji benih yang tumbuh menerbitkan tujuh tangkai; tiap-tiap tangkai itu pula mengandungi seratus biji. Dan (ingatlah), Allah akan melipatgandakan pahala bagi sesiapa yang dikehendakiNya, dan Allah Maha Luas (rahmat) kurniaNya, lagi Meliputi ilmu pengetahuanNya". [ QS Al-Baqarah:261]

"Dan apa saja harta yang baik yang kamu nafkahkan (di jalan Allah), maka pahalanya itu untuk kamu sendiri, dan janganlah kamu membelanjakan sesuatu melainkan karena mencari keridaan Allah, dan apa saja harta yang baik yang kamu nafkahkan, niscaya kamu akan diberi pahalanya dengan cukup, sedangkan kamu sedikit pun tidak akan dirugikan.” [QS Al-Baqarah: 272].

Atau ada juga yang suka berbagi dengan kisah pengalaman hidupnya yang membuat orang lain terinspirasi menjadi semangat sehingga orang tersebut mengalami perubahan hidupnya menjadi ke arah yang lebih oke. Atau ada juga yang punya keahlian disuatu bidang tertentu entah itu dibidang agama, pendidikan, ekonomi, pertanian maka sudah sepatutnya kita bisa berbagi ilmu ke orang lain, agar ilmu kita pun berkah. 

Dan Nabi pun mengajarkan kita untuk berbagi ilmu kurang lebih seperti ini kata-katanya
"Sampaikanlah dariku walau hanya satu ayat". [HR. Bukhari]

Yuuukkk, saatnya kita berbagi kawan inget dehh" semakin banyak kita berbagi maka kita pun akan semakin banyak menerimanya". yang pasti sihh kita akan dibalas sama Allah entah itu berupa kebahagiaan, kesehatan, atau pun kecukupan dalam hidupnya.

Oyah jadi inget kemarin saat berbagi cerita dengan dosen saya, dan saya cukup sedih karena memang saya pun tidak tahu kenapa ini terjadi pada diri saya, saya juga tidak mengerti data penelitian yang saya dapatkan itu tidak memuaskan artinya tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Nah ketika saya berbagi cerita masalah saya tentang penelitian, dosen pembimbing saya, menasihati saya dengan bijak bahwasanya memang tidak ada penelitian yang sempurna hasilnya, karena ini kan baru dicoba Ririn, jadi ini bukan salah kamu, sudah paparkan saja di tesismu dengan apaa adanya, yang terpenting kamu sudah berusaha dengan baik dari pekerjaanmu. Hmm, alhamdulillah saat itu aku langsung senyum manis.

Ternyata memang benar kan saat kita berbagi ada titik terang yang dapat kita selesaikan dengan baik dan sedikit melegakan perasaan dihati dan sekaligus menambah motivasi juga.


Mari berbagi kawan :)

Dramaga, 14 Juni 2014
Catatan Alzena Valdis Rahayu

Tidak ada komentar: