Jumat, 08 Februari 2013

Apakah Wanita Boleh Bekerja?


Wanita Bekerja dalam Pandangan Islam

Allah menciptakan pria dan wanita sama, ditinjau dari sisi insaniahnya. Pria dan wanita diciptakan memiliki ciri khas kemanusiaan yang tidak berbeda antara satu dengan yang lain. Keduanya diberi potensi hidup yang sama berupa kebutuhan jasmani, naluri, dan akal. Allah juga membebankan hukum yang sama terhadap pria dan wanita apabila itu ditujukan untuk manusia secara umum.


Akan tetapi, bila hukum ditetapkan khusus untuk jenis tertentu pria saja atau wanita saja, maka akan terjadi pembebanan hukum yang berbeda antara wanita dan pria. Misalnya kewajiban seorang pria adalah mencari nafkah (bekerja) karena hal ini berkaitan dengan tugasnya sebagai kepala rumah tangga. Islam telah menetapkan bahwa kepala rumah tangga adalah tugas pokok dan tanggung jawab pria (suami). Sedangkan bagi wanita tidak terbebani untuk mencari nafkah (bekerja) karena wanita mendapatkan nafkah dari suaminnya (bila wanita sudah menikah) atau dari walinya (bila yang belum menikah).


Jadi apakah wanita boleh bekerja? 

Walaupun wanita telah dijamin nafkahnya oleh suami atau walinnya, bukan berarti islam tidak mengizinkan wanita bekerja. Islam membolehkan wanita untuk memiliki harta sendiri. Bahkan wanita juga boleh mengembangkan hartanya untuk ia gunakan dalam kebaikan misalnya membantu orangtuanya yang sudah tidak bekerja, membantu adiknya yang masih memerlukan biaya sekolah, bersedekah, dan sebagainya. Allah SWT berfirman, “ ....Bagi laki-laki ada bagian dari apa yang mereka usahakan dan bagi wanita (pun) ada bagian dari apa yang mereka usahakan,” (QS. An-Nisa:32).


Jadi kesimpulannya adalah wanita bekerja dalam pandangan islam adalah BOLEH, apalagi  setelah membaca surah An-Nisa ayat 32 di atas. Akan tetapi wanita tidak boleh meninggalkan kewajibannya juga (bagi yang sudah menikah) misalnya melayani suami, mengurus anak dan menjadi ibu rumah tangga yang baik.



Oke semoga bermanfaat untuk para wanita yang ingin bekerja atau berkarir. Semoga suami  kita nanti mengerti dan mengizinkan yahhh. Semangatz ^_^

Bogor, 8 Februari 2013




Tidak ada komentar: