Jumat, 23 Maret 2018

Dramaga Berduka

Hujan membasahi Dramaga sejak subuh tadi dengan penuh keberkahan. Saat saya mau tilawah qur'an saya mendapatkan kabar duka dari suami bahwa teman sekaligus sahabat  ngajinya, sang pejuang dakwah di Dramaga  Pak Warjo sudah meninggal. Saya sempat tidak percaya awalnya dengar kabar duka itu karena baru lima hari yang lalu beliau pun mengabarkan Ayahandanya telah meninggal dunia dan kini tiba giliran beliau yang meninggal. Saya langsung mengucap Innalillahi wa inna ilaihi raji'un. Allahummaghfirlahu warhamhu wa 'afihi wa'fu'anhu.

Sosok beliau yang terkenal baik, ramah, shalih, dan dermawan telah membekas bagi kita semua yang pernah berinteraksi dengan beliau baik secara langsung maupun tidak dan telah memberikan kesedihan bagi kita semua karena telah kehilangan sosok beliau.

Singkat cerita, saat terakhir ketemu beliau saat saya dan suami serta anak-anak diajak almarhum ikut Aksi Solidaritas Bela Palestina di Kedutaan AS di Jakarta dengan mobil kerennya. Sebelumnya pun beliau pernah datang ke rumah menjenguk ketika suami saya sedang sakit dan membawa oleh-oleh haji dan cerita pengalamannya sewaktu ibadah haji tahun kemarin.

Ya Allah kematian yang dialami beliau benar-benar mendadak sekali tanpa ada tanda-tanda sebelumnya. Kabar dari keluarganya Ust.  Warjo tidak sakit apa-apa dan masih sempat mengumandangkan adzan isya di mushola terdekat rumahnya. Menjelang subuh 3.30 beliau sudah tidak ada. Semoga almarhum husnul khotimah dan semoga Allah pun berikan keluarganya keikhlasan, ketabahan dan kesabaran tanpa batas. Aamiin.

Betul saja kematian itu tidak memandang usia, tua, muda, sakit dan sehat. Kapan saja waktunya datang pasti datang menghampiri setiap yang bernyawa. Cepat atau bahkan lebih cepat. Tinggal kita yang masih hidup menunggu waktu untuk dipanggil olehNya diwaktu yang telah Allah tetapkan. Semoga dengan musibah atau ujian ini kita lebih banyak mengingat Allah.

Allah SWT berfirman:

مَاۤ اَصَابَ مِنْ مُّصِيْبَةٍ اِلَّا بِاِذْنِ اللّٰهِ ۗ  وَمَنْ  يُّؤْمِنْۢ بِاللّٰهِ يَهْدِ قَلْبَهٗ ۗ  وَاللّٰهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيْمٌ

"Tidak ada suatu musibah yang menimpa (seseorang), kecuali dengan izin Allah; dan barang siapa beriman kepada Allah, niscaya Allah akan memberi petunjuk kepada hatinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu."
(QS. At-Taghabun 64: Ayat 11)

#dzikrulmaut
#dramagaberduka

Dramaga, 24 Maret 2018
By. Ririn Rahayu Ummu Hamas

Tidak ada komentar: