Kamis, 01 Maret 2018

NHW #4 Mendidik dengan Kekuatan Fitrah

Bismillahirrahmanirrahim

Tema NHW ke 4 kali ini adalah “ Mendidik dengan Kekuatan Fitrah” dengan langsung menjawab pertanyaan kesatu. Setelah beberapa kali merenungi bahwa yang akan saya fokuskan di Universitas Kehidupan ini insyaAllah dengan mantap adalah Ilmu Parenting. Kenapa Ilmu parenting?  Karena saya sudah menjadi seorang ibu sehingga penting memiliki ilmu parenting.  Ibu adalah sekolah atau madrasah pertama bagi anak-anaknya dalam proses pendidikan. Ia membawa peran penting dalam kehidupan. Jika  salah dalam mendidik dan menanamkan akhlak pada anak, tentu menjadi awal kehancuran generasi berikutnya.

Sehingga saya fokuskan untuk memilih ilmu  parenting agar bisa saya pelajari, pahami, dan diaplikasikan sehingga harapan saya agar Misi saya dalam memerankan sebagai wanita, istri dan juga peran sebagai ibu bisa tercapai dengan baik. MISI saya antara lain adalah:

1). Menjadi istri dan ibu yang baik, sabar dan shalihah dalam kondisi suka maupun duka sehingga tercipta keluarga yang harnonis, sakinnah,  mawadah dan warohmah.

2). Menjadi istri dan ibu yang bermanfaat bagi keluarga.

3). Menjadi ibu profesional yang menginspirasi bagi ibu2 lain dalam mendidik anak dengan baik, benar sesuai fitrahnya.

Sehingga saya ingin bersungguh2 lagi dalam  mempelajari ilmu parenting agar bisa diterapkan di universitas kehidupan untuk mencetak generasi hebat. Generasi hebat adalah karya dari pendidikan keluarga yang sukses dari si ibu. Pendidikan yang dihadirkan ibu dalam keluarga harus mencakup seluruh aspek kehidupan. Yang utama sekali adalah pendidikan agama yang lengkap. Yaitu dari tauhidnya, segi akhlaknya, bagaimana bermu’amalah, dan sebagainya.

Sebagaimana pesan bagi orang tua dalam Al-quran, “Dan hendaklah mereka takut kepada Allah seandainya mereka meninggalkan sepeninggal mereka anak keturunan yang lemah. Hendaklah mereka khawatir terhadap mereka.” (QS an-Nisa’ [4]: 9).

Menjawab konsistensi peran saya sebagai wanita,  istri dan ibu bagi keluarga saya dalam mengisi checklist harian. Saya jujur ternyata masih banyak yang harus saya perbaiki lagi dalam segi memanage waktu. Karena beberapa hari anak sakit jadi cukup lumayan lelah sehingga kegiatan yang sudah saya rancang dengan baik tidak bisa terealisasikan dengan sesuai target. Semoga kedepannya saya bisa lebih konsisten lagi dalam mengelola waktu.

Saya merenung lagi bahwa ketika Allah menadirkan saya ditengah keluarga ini adalah saya harus lebih berusaha lagi untuk menjadi istri dan ibu yang lebih baik dan lebih sabar dan shalihah. Apa yang saya jalankan dalam  memainkan peran sebagai seorang istri dan ibu untuk keluarga semoga suami saya ridho dan Allah pun Ridho juga. Semoga Allah mampukan saya untuk menjalankan peran saya sebagai istri dan ibu yang baik dan sabar.  Kemudian ditengah lingkungan pun saya ingin menjadi ibu yang menginspirasi bagi ibu-ibu yang lain bahwa ketika peran menjadi ibu itu sungguh mulia dan tidak bisa diremehkan. Ada pandangan / penilaian orang lain bahwa kasihan sekali kamu sekolah tinggi-tinggi hanya mengurus anak-anak saja 😥. Kasihan orangtua udah menyekolahkan kamu ternyata hanya di rumah saja itu banyak penilaian oranglain seperti itu. Oleh karena itu saya ingin menjadi ibu yang bermanfaat dan menginspirasi bagi ibu2 lain walau saya tidak bekerja kantoran tapi saya bisa sukses dunia akhirat mendidik anak-anak saya berdasarkan fitrahnya.

Misi Hidup:

1). Menjadi istri dan ibu yang baik, sabar dan shalihah sehingga tercipta keluarga yang harnonis, sakinnah,  mawadah dan warohmah.

2). Menjadi istri dan ibu yang bermanfaat bagi keluarga.

3). Menjadi ibu profesional yang menginspirasi bagi ibu2 lain dalam mendidik anak dengan baik, benar sesuai fitrahnya.

Bidang: Pendidikan Ibu dan Anak

Peran: Inspirator

Untuk bisa menjadi ahli di bidang Pendidikan Ibu dan Anak maka saya ingin menetapkan tahapan ilmu yang harus saya kuasai adalah sebagai berikut :
1. Bunda Sayang : Ilmu-ilmu seputar pengasuhan anak
2. Bunda Cekatan : Ilmu-ilmu seputar manajemen pengelolaan diri dan rumah tangga
3. Bunda Produktif : Ilmu-ilmu seputar minat dan bakat, kemandirian finansial dll.
4. Bunda Shaleha : Ilmu tentang berbagi manfaat kepada banyak orang

Untuk mencapai tahapan keilmuan yang akan saya pelajari saya menetapkan KM 0 pada usia 29 th, kemudian saya berkomitmen tinggi akan mencapai 10.000 (sepuluh ribu ) jam terbang di satu bidang tersebut, agar lebih mantap menjalankan misi hidup. Saya akan mendedikasikan 8 jam waktunya untuk mencari ilmu, mempraktekkan, menuliskannya bersama dengan anak-anak. Sehingga dalam jangka waktu kurang lebih 4 tahun, sudah akan terlihat hasilnya.
Milestone yang ditetapkan oleh ibu tersebut adalah sbb :
KM 0 – KM 1 ( tahun 1 ) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Sayang
KM 1 – KM 2 (tahun 2 ) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Cekatan
KM 2 – KM 3 (tahun 3 ) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Produktif
KM 3 – KM 4 ( tahun 4) : Menguasai Ilmu seputar Bunda shaleha

Ini hasil perbaikan yang sudah saya tulis.

CHECKLIST INDIKATOR IBU PROFESIONAL                                        
By.  Ririn Rahayu (Ummu Hamas & Haidar)                                                                
No    Peran    Target yang akan dicapai    Hari /Tahun ke -                            Evaluasi
            1    2    3    4    5    6    7   
1    Individu                                    
    a.  Aspek Ruhiyah    a. Sholat wajib tepat waktu                               
        b. Solat sunah Rawatib                                
        c. Tilawah Al Quran 1 hari 1 juz (20 halaman)                                
        d. Sholat Tahajud seminggu 3 x                               
        e. Sholat Dhuha seminggu 4x                               
        f. Puasa sunah (senin & kamis)                                
        g.  Hafalan Ayat Al-Qur'an seminggu 1 ayat                               
        h.  Sedekah/Infaq seminggu  1 x                               
                                       
                                       
    b. Aspek Fikriyah    a. Menghadiri halaqoh/liqo seminggu 1 x (wajib)                                
        b. Membaca buku seminggu 1 x                               
        c. Update info berita islam nasional/internasional seminggu 1 kali                               
        d. Menulis blog yang bermanfaat seminggu 1 kali                               
        e.  Mempercantik blog seminggu 1 kali                               
                                       
                                       
    c.  Aspek Jasadiyah    a. Olahraga jogging/ renang minimal 2 minggu 1x                               
        b. Minum madu/sarkum sehari 1x                               
        c.  Minum air putih sehari 8 gelas minimal                               
        d. Makan buah/ jus 1 bulan 3x (wajib)                                
        e. Mengurangi makan gorengan seminggu 3 x                               
        f. Minum susu seminggu  2x                               
                                       
2    Istri    a.  Mencatat dan mengelola keuangan sesuai budget                               
        b. Tersenyum setiap hari                               
        c. Mengucapkan terimakasih kepada suami                                
        d. Mijitin suami selpas pulang kerja                               
                                       
3    Ibu    a. Berusaha super sabar terhadap anak dan tidak marah-marah                               
        b.  Merekam/mencatat setiap perkembangan anak-anak                               
        c.  Membuat foto kegiatan anak                                
        d. Membuat video kegiatan anak                                
        e. Membacakan buku cerita                               
        f. Mengajak belajar dan bermain bersama anak-anak                               
        g. Rihlah bareng anak-anak                                
        h. KM 0 – KM 1 ( tahun 1 ) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Sayang                               
        i. KM 1 – KM 2 (tahun 2 ) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Cekatan                               
        j. KM 2 – KM 3 (tahun 3 ) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Produktif                               
        k.  KM 3 – KM 4 ( tahun 4) : Menguasai Ilmu seputar Bunda shaleha                               

By.  Ririn Rahayu Ummu Hamas & Haidar

#NHW #4
#Kuliah Matrikulasi Batch #5
#Mendidik dengan kekuatan fitrah

Tidak ada komentar: