Kamis, 08 Maret 2018

NHW#6 BELAJAR MENJADI  MANAJER KELUARGA HANDAL

NICE HOMEWORK #6

*BELAJAR MENJADI  MANAJER KELUARGA HANDAL*

Bunda, sekarang saatnya kita masuk dalam tahap “belajar menjadi manajer keluarga yang handal. Mengapa? karena hal ini akan mempermudah bunda untuk menemukan peran hidup kita dan semoga mempermudah bunda mendampingi anak-anak menemukan peran hidupnya.

Ada hal-hal yang kadang mengganggu proses kita menemukan peran hidup yaitu RUTINITAS. Menjalankan pekerjaan rutin yang tidak selesai, membuat kita “Merasa Sibuk”, sehingga kadang tidak ada waktu lagi untuk proses menemukan diri.

Maka ikutilah tahapan-tahapan sbb :
Tuliskan 3 aktivitas yang paling penting, dan 3 aktivitas yang paling tidak penting
Waktu anda selama ini habis untuk kegiatan yang mana?
Jadikan 3 aktivitas penting menjadi aktivitas dinamis sehari-hari untuk memperbanyak jam terbang peran hidup anda, tengok NHW sebelumnya ya, agar selaras.
Kemudian kumpulkan aktivitas rutin menjadi satu waktu, berikan “kandang waktu”, dan patuhi cut off time ( misal anda sudah menuliskan bahwa bersih-bersih rumah itu dari jam 05.00-06.00, maka patuhi waktu tersebut)

Jangan ijinkan agenda yang tidak terencana memenuhi jadwal waktu harian anda.

Setelah tahap di atas selesai anda tentukan. Buatlah jadwal harian yang paling mudah anda kerjakan. (Contoh kalau saya membuat jadwal rutin saya masukkan di subuh-jam 07.00 – jadwal dinamis ( memperbanyak jam terbang dari jam 7 pagi- 7 malam, setelah jam 7 malam kembali ke aktivitas rutin yang belum selesai. sehingga muncul program 7 to 7)

Amati selama satu minggu pertama, apakah terlaksana dengan baik?
kalau tidak segera revisi, kalau baik, lanjutkan sampai dengan 3 bulan.

SELAMAT MENGERJAKAN

Salam Ibu Profesional,

/Tim Matrikulasi IIP/

Bismillahirrahmanirrahim

Alhamdulillah masih diperkenankan mengirim  NHW #6 😊. Terimakasih banyak untuk mba Dewi sebagai fasilitator Matrikulasi  IIP Bogor Batch 5 atas pengertian dan perhatiannya hehehe. Sebenarnya sudah terpikirkan apa yg akan saya tulis untuk NHW #6 dihari sabtu usai menjaga bazar di Open House TK Aqila Bogor qadarullah WIFI di rumah mati karena ada sambungan kabel yg terputus kena petir.

NHW #6 ini berhubungan dengan memanage waktu yang baik agar tidak terjebak oleh rutinitas yang tidak selesai sehingga sulit untuk menambah jam terbang

Baik langsung saja saya ingin menuliskan 3 aktivitas yang menurut saya paling penting dalam kehidupan saya adalah :

-Memasak untuk makan keluarga

-Membersamai anak-anak belajar sambil bermain sekaligus mencari tahu bakat dan minat anak

-Menguplod produk jualan dan meresponse customer

Sedangkan 3 aktivitas yang paling tidak penting menurut saya adalah:

-Baca status orang yg tidak bermanfaat

-Bersantai-santai

-Tidur kelamaan

Berikut saya lampirkan Jadwal Kegiatan Rutin Harian saya. Harapan dibuat tabel seperti ini agar saya bisa mematuhi jadwal kegiatan Rutin  menuju ibu manager keluarga yg handal, aamiin 😊

Saya akan coba dalam seminggu jadwal rutin yg saya buat ini jika berhasil akan saya terapkan selama 3 bulan. Jika tidak berhasil akan saya revisi kembali.

By.  Ririn Rahayu Ummu Hamas dan Haidar

#NHW #6
#Kuliah Matrikulasi Batch #5
#Belajar Menjadi Manajer Keluarga Handal

Tidak ada komentar: