Kamis, 01 Maret 2018

NHW #5 Learning How to Learn

🌸NHW#5🌸
_NICE HOMEWORK #5_
_MATRIKULASI INSTITUT IBU PROFESIONAL BATCH #4_

📝 *BELAJAR BAGAIMANA CARANYA BELAJAR*📝 (Learning How to Learn)

Setelah malam ini kita mempelajari tentang “Learning How to Learn” maka kali ini kita akan praktek membuat *Design Pembelajaran* ala kita.

Kami tidak akan memandu banyak, mulailah mempraktekkan "learning how to learn" dalam membuat NHW #5.

Munculkan rasa ingin tahu bunda semua tentang apa itu design pembelajaran.

Bukan hasil sempurna yg kami harapkan, melainkan "proses" anda dalam mengerjakan NHW #5 ini yg perlu anda share kan ke teman-teman yg lain.

Selamat Berpikir, dan selamat menemukan hal baru dari proses belajar anda di NHW #5 ini.

Salam Ibu Profesional,

/Tim Matrikulasi IIP/
🖥 Bagi anda yg menggunakan blog,gunakan label :
Ibu Profesional
Matrikulasi Batch #5
NHW #5

🖥Gunakan Hastang berikut saat pengumpulan tugas :
#NHW #5
#Kuliah Matrikulasi Batch #5
#Belajar Bagaimana caranya Belajar


Bismillahirrahmanirrahim

Masya Allah NHW #5 kali ini saya benar-benar bingung apa yg harus saya tulis. Harusnya saya sudah mengerjakan jauh2 hari sebelum deadline. Karena saya punya prinsip “kalau ada tugas jangan ditunda2 harus segera dikerjakan, karena pasti akan ada tugas menanti selain ini”

Maafkan saya ibu guru hehe 🙏

Saya memang orang tipikal kalo ada tugas harus segera dikerjakan walau tidak selesai hari itu juga setidaknya saya sudah mencicil tugas saya agar lebih ringan. Qadarullah karena HP saya bermasalah sehingga tidak bisa update info yg di dapatkan di Matrikulasi IIP Bogor tmateri2 pun saya baru baca.

Baiklah saya akan mulai ke NHW #5 temanya adalah Belajar Bagaimana Caranya Belajar menurut versi masing-masing pribadi. Dimulai dengan apa itu design pembelajaran dan bagaimana mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Mengingatkan saya kembali pada saat saya  kuliah. Saya memiliki design pembelajaran yg cukup sistematis dan terorganisir sekali. Ketika kuliah saya harus benar-benar fokus mendengarkan apa yang disampaikan oleh dosen saya. Kemudian pada saat dosen saya menerangkan saya betul-betul mencatat bagian-bagian penting yang telah disampaikan oleh dosen saya. Didalam catatan saya  menandakan point-point penting dengan simbol2/gambar yg saya suka,  ada bagan/skema, tinta warna  biru,  hitam,  dan merah. Supaya ketika membuka buku catatan lagi saya tidak bosan mempelajarinya. Selain itu juga saya memperkaya informasi dengan membaca buku diperpustakaan dan buka jurnal diinternet terkait dengan materi yg disampaikan oleh dosen saya. Jika dalam bentuk offline saya mengikutinya seminar yg diadakan dikampus atau training yg bermanfaat.

Selain itu juga saya belajarnya dengan menempel sebuah catatan/tulisan saya didinding kamar yg sudah ditulis rapih dengan spidol warna-warni agar memudahkan saya untuk mengingat kembali materi yg disampaikan dosen saya.

Apa yg dilakukan metode mind mapping yg saya buat ini sangat membantu saat saya belajar. Lebih mudah memahami kembali ketika mempelajarinya. Selain itu juga design pembelajaran saya sebelum masuk perkuliahan, saya sudah baca materi yg akan disampaikan dosen. Waktu kontrak kuliah diawal kan dosen saya memberikan silabus materinya apa saja yg diberikan untuk kuliah. Sehingga waktu kuliah berlangsung ketika dosen saya selesai menerangkan saya sudah melist beberapa pertanyaan yg akan saya tanyakan pada dosen.

Design pembelajaran saat di kuliah yang saya terapkan, saya pun mencoba menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari saya dalam membuat agenda pribadi. Sebelum melakukan action dihari itu maka saya rancang sedemikan teraturnya sampai pada waktu pun saya catat karena penting agar bisa termanage waktu saya. Karena waktu adalah ibadah hehe.

Misalnya: Tgl 25 Februari 2018 apa yang saya akan kerjakan nanti esok harinya saya catat dalam bentuk point/simbol2. Saya menuliskannya dari semalam sebelum action. Misalnya seperti ini.

25 Februari 2018

My Agenda:

❤ 03.30-04.00 Qiyamul Lail

❤ 04.00-05.00 Dzikir Al-Matsurat Pagi, Tilawah Qur’an, Solat Subuh

❤ 05.00-06.00 Mandi, beres-beres rumah

❤ 06.00-07.00 Masak

❤ 07.00-07.30 Makan Pagi

❤ 07.30-08.00 Mandiin Bayi dan kakanya

❤ 08.00-09.00 Nyuapin anak2

❤ 09.00-11.00 Ngajak anak2 bermain ke rumah temannya

❤ 11.00-12.00 Ishoma

❤ 12.00-13.00 Nemenin anak bermain di rumah

❤ 13.00-14.00 Tidur siang

❤ 14.00-15.00 Fokus jualan online (melihat kondisi anak2 juga jika masih tidur saya gunakan untuk berjualan online)

❤ 15.00- 16.00 Mandi, Solat Ashar

❤ 16.00- 17.00 Mandiin anak2

❤ 17.00- 17.30 Makan sore/malam

❤ 17.30 - 18.30 Dzikir Al-Matsurat Petang,  Solat Magrib

❤ 18.30 -19.30 Tilawah Qur’an, Solat Isya

❤ 19.30- 21.00 Nemenin anak belajar sambil bermain

❤ 21.00- 22.00 Buka HP jualan online

❤ 22.00-03.00 Tidur

Semoga bisa diterapkan kembali agar agenda2 yg sudah dibuat/direncanakan dapat dikerjakan dengan baik walau jarang sekali 100% berhasil tapi setidaknya mendekati 100% tercapai.

Lalu di evaluasi sendiri dari setiap agenda yg sudah dibuat. Begitupun indikator pembelajaran saat menerima nilai dari dosen. Evaluasi itu bagian penting dari rangkaian design pembelajaran. Agar hasil yang bagus bisa dipertahankan kembali metode/caranya jika kurang maka segera lakukan perbaikan metode/caranya.

Jadi menurut saya pribadi design pembelajaran adalah cara/metode/teknik pembelajaran yang efektif dengan sistematik dan teratur agar lebih bermanfaat hasilnya kemudian dievaluasi dari kegiatan yg sudah dilaksanakan. Apakah berhasil atau tidak.

By.  Ririn Rahayu Ummu Hamas & Haidar


#NHW #5
#Kuliah Matrikulasi Batch #5
#Belajar Bagaimana caranya Belajar

Tidak ada komentar: