Sabtu, 31 Maret 2018

NHW #8 Misi Hidup dan Produktivitas

NICE HOMEWORK #8

*MISI HIDUP DAN PRODUKTIVITAS*

Bunda, setelah di materi NHW#8 kita belajar tentang bagaimana pentingnya menemukan misi hidup untuk menunjang produktivitas keluarga. Maka saat ini kita akan lebih menggali bagaimana menerapkannya secara teknis sbb :
a. Ambil salah satu dari ranah aktivitas yang sudah teman-teman tulis di kuadran SUKA dan BISA (lihat NHW#7)

b. Setelah ketemu satu hal, jawablah pertanyaan “BE DO HAVE” di bawah ini :
1. Mental seperti apa yang harus anda miliki untuk menjadi seperti yang anda inginkan ? (BE)
2. Apa yang harus anda lakukan untuk menjadi seperti yang anda harapkan ? (DO)
3. Apa yang akan anda lakukan apabila anda sudah memiliki yang anda harapkan? (HAVE)

c. Perhatikan 3 aspek dimensi waktu di bawah ini dan isilah:
1. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu kehidupan kita (lifetime purpose)
2.Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu 5-10 tahunke depan ( strategic plan)
3. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu satu tahun ( new year resolution)

Mulailah dengan PERUBAHAN, karena pilihannya hanya satu BERUBAH atau KALAH

Salam Ibu Profesional,

/Tim Matrikulsi IIP/

Bismillahirrahmanirrahim

Alhamdulillah, bersyukur dan bahagia sekali saya berada di lingkungan ibu-ibu hebat yang terus berjuang melakukan perubahan kearah yang lebih baik menjadi sosok ibu yang dicintai keluarganya dalam mengurus keluarga serta mendidik anak-anak yang telah Allah amanahkan menjadi anak-anak yang diharapkan keluarga, agama dan ummat.

Saya lagi-lagi merasakan perubahan dalam diri saya walau bertahap demi tahap perubahan itu ada dalam diri saya, saya pun mencoba mengaplikasikan apa yang sudah saya pelajari di institut ibu profesional dan berkomitmen untuk selalu melakukan perubahan ke arah yg lebih baik.

Dan kali ini di NHW #8 saya mencoba untuk menuliskan kembali tentang berbagai aktivitas saya untuk belajar menjadi ibu produktif dengan aktivitas yang saya suka dan bisa. Kenapa harus aktivitas yang suka dan bisa? Karena ini berkaitan dengan nilai produktivitas jika dilakuan pekerjaan itu dengan rasa suka dan bisa maka insyaAllah tugas yang kita jalankan akan terasa ringan, mudah dikerjakan dan insyaAllah akan mendapatkan keberkahannya dalam setiap menjalankan disetiap perannya.

Sebelum menjawab beberapa pertanyaan di NHW #8 saya sangat setuju sekali akan pernyataan yg menjadi tagline di ibu profesional bahwasanya:

*Be Professional, Rejeki will Follow*

“Be Professional” diartikan sebagai bersungguh-sungguh menjalankan peran. Kesungguhan dan keistiqomahan seseorang dalam menjalankan peran hidupnya akan meningkatkan kemuliaan dirinya di mata Allah dan kebermanfaatan untuk sesama.

“Rejeki will follow” bisa dimaknai bahwa rejeki setiap orang itu sudah pasti, yang membedakan adalah nilai kemanfaatan dan keberkahannya seiring dengan bersungguh-sungguh tidaknya seseorang menjalankan apa yang dia BISA dan SUKA.

Sebelum mendapat materi Misi Hidup dan Meningkatkan Produktivitas di Intitut Ibu Profesional jujur hidup saya dalam berperan menjadi istri dan ibu kemarin-kemarin masih belum sungguh-sungguh ketika diperkenalkan kembali ilmu ini saya jadi yakin apa yg kita lalukan disaat menjalankan peran sebagai perempuan, istri dan ibu dengan bersungguh-sungguh maka Allah akan meningkatkan kemuliaan kita dan menambah kebermanfaatan kita semoga bisa istiqomah.

Berikut saya lampirkan gambar kuadran aktivitas BISA & SUKA, TIDAK BISA & SUKA,  BISA & TIDAK SUKA, TIDAK BISA & TIDAK SUKA.


Nah untuk menjawab pertanyaan di NHW #8

a. Ambil salah satu dari ranah aktivitas yang sudah teman-teman tulis di kuadran SUKA dan BISA (lihat NHW#7).

Saya diminta untuk menuliskan salah satu aktivitas kuadran SUKA dan BISA. Ternyata dari gambar tersebut aktivitas SUKA dan BISA saya ada 6 saya akan coba membuat urutan aktivitas yang paling saya sukai dan bisa dengan urutan mulai dari aktivitas suka plan A sampai plan F. Gunanya membuat plan A hingga plan F adalah jika plan A gagal maka saya akan mencoba ke plan B. Jika plan B saya gagal maka akan saya coba plan C seterusnya sampai saya benar-benar menjadi orang yang bermanfaat untuk keluarga dan sekitarnya.

Plan A (Berdagang Secara Online)

Plan B (Menulis)

Plan C (Mengajar)

Plan D (Mendesign Foto)

Plan E (Memasak)

Plan F (Menata Rumah)

b. Setelah ketemu satu hal, jawablah pertanyaan “BE DO HAVE” di bawah ini :
1. Mental seperti apa yang harus anda miliki untuk menjadi seperti yang anda inginkan ?(BE)  

Plan A : Pedagang yang islami, ramah dan profesional

Plan B : Penulis yang islami dan profesional

Plan C : Guru yang islami dan profesional

Plan D : Ahli design foto islami dan profesional

Plan E : Ahli memasak yang islami dan Profesional

Plan F : Arsitektur perumahan yang islami dan profesional

2. Apa yang harus anda lakukan untuk menjadi seperti yang anda harapkan ? (DO)

Plan A:

-Berbagi ilmu usaha yang bermanfaat.

-Melayani pelanggan dengan ramah dan berusaha tidak mengecewakannya.

-Saling menasihati dalam kebaikan sesama pedagang dan pelanggan.

Plan B:

-Menulis yang bermanfaat untuk pembaca

-Menulis artikel islami, cerpen islami

-Menulis dengan produktif

Plan C:

-Menjadi guru yang asyik, baik, jika mengajar mudah dipahami oleh anak-anak saya atau murid-murid saya.

-Selalu mengingatkan anak2/ murid2 dalam kebaikan.

Plan D:

-Mendesign foto yang unik dan kreatif.

Plan E:

-Bereksperimen memasak menu yang baru.

-Menciptakan/ brand masakan menu sendiri

yang halal dan baik.

Plan F:

-Membuat rumah yang bagus, nyaman, dan minimalis.

3. Apa yang akan anda lakukan apabila anda sudah memiliki yang anda harapkan? (HAVE)

Plan A: Memiki Toko TAS Offline yang besar dan berbagai cabang, punya Karyawan.

Plan B: Punya Buku Karya sendiri yang bermanfaat.

Plan C: Punya Sekolah Bebas Biaya /Gratis.

Plan D: Punya Studio Foto.

Plan E: Punya Rumah Makan dan Outlet Kue untuk Oleh-oleh di Bogor.

Plan F: Punya Properti Rumah Syariah.

c. Perhatikan 3 aspek dimensi waktu di bawah ini dan isilah:
1. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu kehidupan kita (lifetime purpose)

- Menjadi istri dan ibu yang selalu bermanfaat dan membahagiakan keluarga.

- Mendidik anak-anak dengan penuh kesabaran dan jauh dari amarah.

- Mendidik anak-anak menjadi generasi qur’ani.

- Menghafal Al-Quran dengan konsisten.

- Berpenghasilan yang berkah dengan pemasukan Rp. 10.000.000 perbulan.

- Berinfaq Rp. 5.000.000 perbulan.

- Memiliki rumah pribadi yang berkah secara syariah.

- Melaksanakan ibadah haji dan umroh bersama keluarga.

- Produksi barang sendiri misalnya fashion hijab menyediakan kebutuhan muslimah.

2. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu 5-10 tahun ke depan ( strategic plan)

- Mendirikan Toko Fashion TAS di Bogor secara offline.

- Produksi barang sendiri seperti busana muslim, khimar.

- Punya Taman Baca/ Pepustakaan Besar.

- Mendirikan sekolah SDIT, SMPIT, SMAIT dengan biaya terjangkau kalau bisa GRATIS

- Menciptakan lapangan pekerjaan baru.

- Menjelajahi bumi Allah lainnya misalnya Palestina,  Turki, Jerman, London.

3. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu satu tahun ( new year resolution)

- Produksi barang sendiri misalnya fashion hijab menyediakan kebutuhan muslimah.

- Menghasilkan karya berupa buku cerita dalam bentuk novel islami atau karya lainnya yg bermanfaat.

- Punya perpustakaan sendiri.

- Punya rumah pribadi dengan proses syariah.

Semoga Allah kabulkan apa2 yang ingin saya capai dengan proses yang mudah dan berkah.  Aamiin.


By. Ririn Rahayu Ummu Hamas dan Haidar

#NHW #8
#Kuliah Matrikulasi Batch #5

#MISI HIDUP DAN PRODUKTIVITAS

Tidak ada komentar: