Jumat, 02 September 2011

Dahsyatnya Kata Maaf


”Nggak bisa dilupain kejadian saat malam takbiran di rumah.” Rifa sambil tersenyum saat menuliskan kejadiannya di buku kecil yang menjadi catatan hariannya. Singkat ceritanya saat mau tidur sehabis solat malam sekitar pukul setengah tiga malam, Rifa mengantuk dan segera memejamkan matanya untuk istirahat. Tiba-tiba dikejutkan dengan suara yang membuatnya ketakutan dari atap genting ternyata suara Mily yang membuat aku kaget dan langsung teriak dengan kencang tanpa sadar dan langsung mengucap.
 ” Allahu akbar…Allahu akbar…Allahu akbar.” Nggak sadar juga dengan teriakanku tadi membuat tentangga sebelahku terganggu dan khawatir. Sampai-sampai datang ke rumah. Ma’afkan aku ya Pak. Hehe.

                                                        ***

Sahabat, baru saja kita telah ditinggalkan Ramadhan yang mulia dan penuh berkah. Namun, kenangan Ramadhan masih melekat di dalam hati kita. Kebaikan-kebaikannya masih terus menyertai kita. Karena ini bulan Syawal, yang bermakna kelahiran kembali seorang muslim dengan fitrahnya setelah sebulan menjalani Ramadhan. Seperti berpuasa, qimaullail, tadarusan, infaq, zakat dan amal-amalan yang lain yang membawa kembali kepada kondisi suci tanpa benci, iri, dengki serta bersih dari dosa dan kemaksiatan.

Moment kemenangan ini membuat wajah umat muslim bahagia dan cerah dalam menyambut dan merayakannya walau sempat dibingungkan dengan jatuhnya 1 Syawal 1432 H kapan?Akan tetapi berdasarkan keputusan pemerintah telah menetapkan pada hari Rabu 31 Agustus 2011. Ada juga sebelum hari Rabu. Perbedaan pendapat itu jangan dijadikan masalah yang penting tetap lebaran dan tetap saling mema’afkan.

Suara takbir berkumandang dengan syahdu selepas solat maghrib sampai tiba hari lebaran. Menyejukkan jiwa dan menenangkan hati kita semua akan betapa indahNya kebesaran Allah SWT. Anak-anak kecil di lingkungan rumah berkumpul dan saling berlomba menyalakan kembang api, petasan yang membuat malam ini semakin indah dan rame. Ditambah SMS tak hentinya bernyanyi dengan ucapan do’a, puisi, kata mutiara, dan kata yang sederhana sekalipun ada untuk mengucapkan kata yang berkekuatan dahsyat. MAAF.

Maaf. Sebuah kata sederhana yang kadang sangat berat untuk diucapkan namun mempunyai kekuatan yang sangat besar. Kebahagiaan seseorang akan menjadi sangat sempurna, saat tak ada lagi goresan-goresan luka di dalam hati mana kala kita mampu memohon ma’af dan mema’afkan segala kesalahan orang lain.

Semoga keselamatan, rahmat, dan keberkahan senantiasa menyertai kita. Met Iedul Fitri 1432 H. Selamat kembali pada fitrah kebaikan. Taqobbalallahu minna wa minkum.

Selamat bersilaturahim^_^


Cilegon yang Indah dengan debu-debu.

1 Syawal 1432 H
Penulis pun mohon ma'af kepada sahabat semua....^^

Tidak ada komentar: