Jumat, 02 September 2011

Sukses Menuju PIMNAS

 
Berbicara sukses banyak orang yang mengartikannya, sukses bersifat relatif tergantung dari pengetahuan atau pemahaman seseorang tentang sukses yang sebenarnya. Sukses umumnya adalah sesuatu yang diharapkan dapat tercapai atau terwujud, sesuai dengan proses yang dilakukan seseorang berhasil. Seperti halnya kita yang ingin sukses di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional  (PIMNAS) dengan bersaing ribuan orang di berbagai perguruan tinggi Indonesia baik negeri maupun swasta.
Sebelumnya saya ingin menjelaskan sedikit apa itu PIMNAS? PIMNAS adalah salah satu kegiatan ekstra kurikuler di perguruan tinggi yang bertujuan untuk mendorong peningkatan kreativitas dan inovasi mahasiswa untuk menghasilkan karya-karya ilmiah dan karya kreatif serta inovatif lainnya untuk kepentingan bangsa dan negara. Jadi PIMNAS merupakan ajang bergengsi di tingkat mahasiswa se-Indonesia.
Bagaimana caranya supaya kita sukses di PIMNAS? yang pertama tentunya adalah niat, niat sukses dalam PIMNAS, kemudian mempunyai karya ilmiah yang belum pernah dipublikasikan dan biasanya mahasiswa mengikutinya dalam bentuk Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) seperti PKM-Penelitian (PKMP), PKM-Penerapan Teknologi (PKMT), PKM-Kewirausahaan (PKMK), PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKMM) dan PKM-Penulisan Ilmiah (PKMAI) sedangkan untuk (PKMAI) tidak ditampilkan lagi dalam PIMNAS pengganti PKMAI adalah PKM-GagasanTertulis (PKMGT). Semua PKM di lakukan secara kelompok sesuai dengan panduan PKM setiap tahunnya. Adapun tujuan dari PKM tersebut adalah adalah menghantarkan mahasiswa mencapai taraf pencerahan kreatifitas dan inovasi dalam penguasaan sains dan teknologi serta keimanan yang tinggi. Dalam rangka mempersiapkan diri menjadi pemimpin cendekiawan, wirausahawan, serta berjiwa mandiri dan arif, disini mahasiswa diberi kesempatan untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, tanggung jawab, membangun kerja dalam tim, maupun dalam mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang kreatif dalam bidang  yang ditekuni. Jadi modal utama untuk masuk PIMNAS adalah memiliki karya ilmiah.
Selanjutnya percaya diri dengan karya yang telah dibuat, untuk masalah lolos atau tidaknya itu urusan terakhir, yang terpenting adalah berani mencoba dan berpartisipasi dalam program kegiatan yang telah dibuat oleh Ditjen Dikti dalam meningkatkan kualitas mahasiswa di perguruan tinggi agar harapannya menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademisi atau profesional dalam menerapkan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi serta kesenian dalam memperkaya budaya nasional. Setelah percaya diri dan alhasil karya ilmiah tersebut dinyatakan layak untuk ditampilkan dalam PIMNAS maka langkah berikutnya adalah membangun kembali kesolidan atau kekompakan dalam tim, karena kekompakan akan membuahkan hasil yang baik dan memberikan efek yang luar biasa dalam mencapai tujuan bersama misalnya juara umum di PIMNAS. Subhanallah kalau diantara kita ada yang menjadi juaranya. Amin.
Langkah selanjutnya jangan mudah puas atau bangga dengan apa yang telah diperoleh, seharusnya lakukan perbaikan atau evaluasi sebab dengan melakukan evaluasi akan menambah manfaat salah satunya bisa mengukur kemampuan tim dan pribadi sehingga dapat memotivasi kegiatan selanjutnya dapat menjadi lebih baik lagi. Kemudian banyak melakukan diskusi dengan orang lain, berawal dari diskusi banyak ide atau gagasan yang bermunculan, sehingga dapat ditulis kembali dalam bentuk karya ilmiah yang lebih dashyat.
Terakhir tidak pernah habis semangat dalam berkarya dan terus melakukan kreatifitas dan keterampilan yang dimiliki karena kesuksesan di PIMNAS berawal dan berakhir dari semangat yang diberikan. Ayo berikan semangatmu dalam menuju PIMNAS!!!!!!!!!. Keep Spirit go on PIMNAS

Cilegon, 8 Maret 2010
Ririn Rahayu mendapatkan kesempatan untuk mewakili kampus UNTIRTA menjadi finalis  PIMNAS di UNIBRAW Malang 2009





Tidak ada komentar: